PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 1 DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI BERBANTU APLIKASI DRAGONLEARN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan hasil belajar matematika kelas 1 SD Negeri kaliwadas 01 pada materi matematika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus yang dilaksanakan 4 kali pertemuan yaitu tiga kali pertemuan untuk pembahasan materi dan satu pertemuan untuk tes akhir siklus. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode penelitian ini menggunakan ekspositori dengan pendekatan saintifik. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi SD Negeri Kaliwadas 01 tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian dari siklus I sampai siklus III mengalami peningkatan pada hasil belajar siswa dengan melakukan tindakan melalui strategi pembelajaran ekspositori dengan memberikan LKPD dan tes evaluasi, memberikan bimbingan kepada siswa yang belum tuntas serta memberikan arahan agar membuka aplikasi dragonlearn guna membantu siswa dalam mempermudah belajar matematika.hal ini ditandai dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III yaitu 53, 68, dan 80. Dengan ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III yaitu 74, 74, dan 95. Berdasarkan peningkatan hasil belajar di atas, maka disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran ekspositori berbantu aplikasi dragonlearn dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas 1 SD Negeri Kaliwadas 01 tahun pelajaran 2020/2021.
Downloads
Copyright (c) 2020 Indah Prihastuti Andari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.