Efektivitas Konten Media Sosial Terhadap Pembelajaran Siswa Dalam Memori Jangka Pendek Dan Kinerja Akademik
Keywords:
Media Sosial, Memori Jangka Pendek, Kinerja Akademik, Literasi, NumerasiAbstract
Penggunaan media sosial yang semakin meluas sebagai merupakan dampak dari perkembangan teknologi, hal tersebut dapat memberikan dampak positif maupun negatif terhadap peserta didik. Dengan jumlah pengguna sosial media oleh peserta didik khususnya tingkat SMA/sederajat sebesar 91%, hal ini perlu adanya pertimbangan tentang isi konten dan pengaruhnya terhadap daya ingat anak. Sehingga peneliti melakukan eksperimen pada SMK Harapan terakhir dengan diambil peserta eksperimen sebanyak 30 peserta didik kelas XI . Kemudian peserta eksperimen dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelas kontrol dengan menerapkan metode pengajaran biasa dan kelas eksperimen dengan menggunakan media konten yang tersedia pada sosial media. Penelitian akan memberikan waktu yang sama dengan menerapkan jeda waktu untuk mengetahui daya ingat jangka pendek siswa dalam penilaian kompetensi literasi dan numerasi peserta didik. Berdasarkan hasil eksperimen ditemukan bahwa kelas kontrol dan kelas eksperimen sama – sama mengalami peningkatan nilai, akan tetapi peningkatan nilai kelas eksperimen lebih dominan atau lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol. Terdapat peningkatan rerata nilai literasi untuk kelas kontrol sebesar 0,9 poin, sedangkan untuk kelas eksperimen terjadi peningkatan sebesar 2 poin. Hasil rerata nilai numerasi untuk kelas kontrol meningkat sebesar 0,8 poin, sedangkan untuk kelas eksperimen terjadi peningkatan sebesar 1,1 poin. Selain dari peningkatan nilai, berdasarkan hasil observasi terdapat variabel lain bahwa kelas eksperimen lebih mudah dan tidak tertekan dalam menerima penjelasan melalui konten media sosial berbanding dengan kelas kontrol yang lebih terlihat serius dan tertekan dalam mendengar penjelasan dari guru. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial efektif dalam peningkatan pemahaman siswa, sehingga isi konten dalam media sosial dapat lebih diperhatikan dan lebih banyak konten kreator yang membuat konten pembelajaran.
Downloads
References
Balitbang. (2019). Infografis Pisa 2018 - Indonesia.Pdf. In Litbang.Kemendikbud.Go.Id (p. 2). https://simpandata.kemdikbud.go.id/index.php/s/BTKR4cP76DK3pqM
Balitbang Kemdikbud. (2019). Indonesia pada PISA 2018. 1–15. file:///C:/Users/PC/Downloads/Kemendikbud_PISA_2018_2019-12-03.pdf
Bell, A. R. (2022). Exploring the role of social media literacy in adolescents ’ experiences with personalization : A Norwegian qualitative study. May, 1–10. https://doi.org/10.1002/jaal.1273
Boer, M., van den Eijnden, R. J. J. M., Finkenauer, C., Boniel-Nissim, M., Marino, C., Inchley, J., Cosma, A., Paakkari, L., & Stevens, G. W. J. M. (2022). Cross-national validation of the social media disorder scale: findings from adolescents from 44 countries. Addiction, 117(3), 784–795. https://doi.org/10.1111/add.15709
Ellison, A. M. F. (2017). Short-Term Memory Capacity and Recall of Students with and without Intellectual Giftedness: An Empirical Inquiry. ProQuest Dissertations and Theses, 60.
Febrian, R. G., Jaeri, S., Muniroh, M., & Indraswari, D. A. (2021). Relationship of Sleep Quality with Short-Term Memory and Reaction Time in First Year Medical Students of Diponegoro University. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 10(5), 332–336. https://doi.org/10.14710/dmj.v10i5.31391
Gerakan Literasi Nasional. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Höttecke, D., & Allchin, D. (2020). Reconceptualizing nature-of-science education in the age of social media. Science Education, 104(4), 641–666. https://doi.org/10.1002/sce.21575
Kurnia, N. D., Johan, R. C., & Rullyana, G. (2018). Hubungan Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dengan Kemampuan Literasi Media Di Upt Perpustakaan Itenas. Edulib, 8(1), 1. https://doi.org/10.17509/edulib.v8i1.10208
Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Tombatu Timur Kabupaten Minasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1), 2.
Liu, H., Liu, C., & Ding, R. (2020). Semi‐supervised long short‐term memory for human action recognition. The Journal of Engineering, 2020(13), 373–378. https://doi.org/10.1049/joe.2019.1166
Nasrullah, R. (2016). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Marín, V. I., Carpenter, J. P., & Tur, G. (2021). Pre-service teachers’ perceptions of social media data privacy policies. British Journal of Educational Technology, 52(2), 519–535. https://doi.org/10.1111/bjet.13035
Revenue, A., Medicine, A., Auction, O., Audio, S., Music, O., Marketing, B., Reviews, B., Cancer, B., Internet, B., Building, M., Tips, C., Trading, C., Service, C., Recovery, D., Consolidation, D., Relief, D., Name, D., Care, E., Marketing, E., … Marketing, N. (n.d.). www.GetPedia.com.
Ring, M., Guillery-Girard, B., Quinette, P., Gaigg, S. B., & Bowler, D. M. (2020). Short-Term Memory Span and Cross-Modality Integration in Younger and Older Adults With and Without Autism Spectrum Disorder. Autism Research, 13(11), 1970–1984. https://doi.org/10.1002/aur.2387
Sari, E. S., & Pujiono, S. (2017). Budaya Literasi di Kalangan Mahasisa FBS UNY. LITERA, 105-113.
Sementara, T. (2020). Universitas muhammadiyah kotabumi. 1052, 22287.
Shemwell, J. T., Avargil, S., & Capps, D. K. (2015). Grappling with long-term learning in science: A qualitative study of teachers’ views of developmentally oriented instruction. Journal of Research in Science Teaching, 52(8), 1163–1187. https://doi.org/10.1002/tea.21239
Siregar, H. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 1, 71–82. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.102
Watson, S. (2021). New Right 2.0: Teacher populism on social media in England. British Educational Research Journal, 47(2), 299–315. https://doi.org/10.1002/berj.3664
Ye, D., & Pennisi, S. (2022). Analysing interactions in online discussions through social network analysis. Journal of Computer Assisted Learning, 38(3), 784–796. https://doi.org/10.1111/jcal.12648
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Reza Azhari, Yazid Al Basthomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.