Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Teks Naratif

Authors

  • Lita Wulandari Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman

Keywords:

Project Based Learning (PjBL), Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Teks Naratif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk . mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi teks naratif pada peserta didik kelas V SD Negeri 005 Samarinda Kota Semester 1 Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian dilakukan dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK), dari tanggal 16 hingga 28 September 2024. Instrumen utama adalah Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), gambar ilustrasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PJBL dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi teks naratif. Hal ini terlihat dari adanya peningkatkan kemampuan dalam menyimak, membaca dan memirsa, berbicara dan mempresentasikan serta menulis 81,82%. Selain itu, ada peningkatan ketuntasan dalam tes yang diberikan di setiap siklusnya. Oleh karenanya, saran utama yang dapat diberikan adalah menerapkan model pembelajaran PJBL secara berkelanjutan di kelas V, tidak hanya pada materi teks naratif, tetapi juga pada materi lainnya untuk meningkatkan keterampilan peserta didik secara menyeluruh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dinata, K. B. (2021). Literasi Digital Dalam Pembelajaran Daring. Eksponen, 11(1). https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i1.368

Laela, K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Di Kelas 2 Sdn 2 Setu Kulon. PINISI :Journal of Teacher Professional, 2(3). https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26057

Maisyarah, M., & Lena, M. S. (2023). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(3). https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i3.12132

Makki, M. I., & Aflahah. (2019). Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran - Google Books. In Duta Media Publishing.

Mardianty, E. P., Tindangen, M., Fendiyanto, P., & Rosifah, D. (2023). Kemampuan Numerasi Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Adaptasi Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL), Dan Kooperatif. In Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman (Vol. 4, pp. 136-139).

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung: Rosda Karya.

Nurlina. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.

Rahardjanto, A., Husamah, & Fauzi, A. (2019). Hybrid-PjBL: Learning outcomes, creative thinking skills, and learning motivation of preservice teacher. International Journal of Instruction, 12(2). https://doi.org/10.29333/iji.2019.12212a

Ulfah, K. M., Sukma, H. H., & Kurniawati, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPAS Kelas V di SD Muhammadiyah Wonokromo 1. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i2.78467

Downloads

Published

2024-11-11

How to Cite

Wulandari, L. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Teks Naratif . Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 5, 77–83. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/4165