Implementasi Cultural Responsive Teaching (CRT) Dalam Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VI SDN 027 Samarinda Ulu
Keywords:
Culturally Responsive Teaching, Pembelajaran IPAS, Minat BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SDN 027 Samarinda Ulu, dengan fokus pada peningkatan minat dan keterlibatan siswa. Metode yang digunakan adalah tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, di mana pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes formatif, dan refleksi dari siswa serta guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam partisipasi siswa, dengan 73,33% siswa terlibat aktif dalam diskusi kelompok dan 60% siswa menunjukkan keterlibatan yang sangat baik selama kegiatan pembelajaran. Selain itu, tes formatif menunjukkan bahwa 70% siswa memperoleh nilai baik, mencerminkan pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa penerapan Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat memberikan dampak positif terhadap minat belajar dan keterlibatan siswa, serta pemahaman materi yang lebih baik. Disarankan agar guru terus menerapkan pendekatan responsif terhadap budaya dalam pembelajaran, serta memperkuat kolaborasi dengan orang tua untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung perkembangan siswa.
Downloads
References
Crt Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik. Global Journal Teaching Professional, 2(4), 483–490. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gpp/article/view/963
Enjelina, F. R., Damayanti, R., & Dwiyanto, M. (2024). Penggunaan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT)untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD mempengaruhi hasil belajar siswa. Edutama : Jurnal Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 39–51. https://ejournal.rizaniamedia.com/index.php/edutama
Hardiana, D. (2023). Peningkatan Minat Belajar Ipas Melalui Culturally Responsive Teaching Pada Peserta Didik Kelas Iv Sdn 01 Sumbersari. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2394–2405. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.983
Himayati, B. R. A., Elmiati, Mispalah, & Nursaly, B. R. (2024). Integrasi Praktik Menari Tradisional Dalam Kurikulum (Membangun Kreativitas Dan Kepribadian Siswa). JOEAI (Journal of Education and Instruction), 7(2), 400–411. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v7i2.10050
Masfiastutik, S., Roosyanti, A., & Susanti, R. (2024). Penerapan Pendekatan CRT pada Materi Pecahan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD. Journal of Science and Education Research, 3(2), 72–80. https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.134
Muktamar, A., Iswahyudi, M. S., Salong, A., Wote, A. Y. V, Rahmatiyah, R., Riyadi, S., & Leuwol, F. S. (2023). MANAJEMEN PENDIDIKAN: Konsep, Tantangan, dan Strategi di Era Digital.
Sutrisno, L. T., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Sebuah Pendekatan untuk Kemerdekaan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2), 753–764. https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.76475
Wahidah, N., Santoso, G., La Aca, M. F., Wuriani, D., Bosawer, A., Lestari, N. M., & Anggo, A. Y. (2023). Mengidentifikasi Keragaman Budaya di Sekitarnya Secara Setara Melalui Gotong Royong dan Collaboration di Kelas 5. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 190–214.
Yasa, A. D., Kumala, F. N., Utama, D. M., Randle, O., & Santoso, H. (2024). Pelatihan Penyunsunan Desain Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial dengan Menggunakan Pendekatan Culture Responsive Teaching. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 49–58. https://doi.org/10.56393/jpkm.v4i1.2242
Zahrika, N. A., & Andaryani, E. T. (2023). Kurikulum Berbasis Budaya untuk Sekolah Dasar: Menyelaraskan Pendidikan dengan Identitas Lokal. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(2), 163–169. https://doi.org/10.57251/ped.v3i2.1124
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eliya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.