Pengaruh Pendekatan Socio Scientifict Issues Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas III Samarinda Ulu
Keywords:
Socio Scientifict Issues, Berpikir Kritis, IPASAbstract
Dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam melibatkan berbagai sudut pandang terhadap keputusan saat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendekatan Socio Scientifict Issues terhadap kemampuan berpikir kritis pada hasil belajar IPAS siswa kelas III SDN 001 Samarinda Ulu. Menggunakan pendekatan kuantitatif, berjenis quasi eksperimen pada pembelajaran IPAS materi cerita tentang daerahku. 75 peserta didik dijadikan populasi penelitian, sementara itu 52 siswa dijadikan sempel. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan teknik pengumpulan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis soal dan analisis hipotesis penelitian.Sebagai hasil dari penelitian rata-rata skor post-test kelompok eksperimen adalah 43.35 poin dan kelas control 30.92. Setelah diuji menggunakan Uji Mann-Whitney U diketahui bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan SSI dan kelas kontrol yang menggunakan pendekatan konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Downloads
References
Fahrizal, R., & Badrun, L. A. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Socio Scientific Issues Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Bertanya, Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Educatoria : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan , 2(2), 82–101. https://doi.org/10.36312/ejiip.v2i2.80
Fatmawati, H., Mardiyana, & Triyanto. (2014). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2 (9), 899–910. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/4830/3352
Fitriani, W., Suwarjo, & Wangid, M. N. (2021). Berpikir Kritis dan Komputasi: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 234–242. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19040
Jariah, S. A., & Aminatun, T. (2022). Implementation of the Socio-scientific Issues Approach with the Investigative Group Learning Model to Improve Students’ Critical Thinking Skills on Environmental Change Materials. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(3), 1042–1048. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i3.1197
Putriana, A. R., Suryawati, E., Suzanti, F., dan Zulfarina. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Socio Scientific Issue (SSI) Pada Pembelajaran IPA SMP Kelas VII. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 4(1), 80-89. https://doi.org/10.33578/pjr.v4i1.7919
Rahmawati, W., Ratnasari, J., & Suhendar. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Socioscientific Issues Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(2), 124–132. https://doi.org/10.24114/jpp.v6i2.10150
Rostikawati, D. A., & Permanasari, A. (2016). Rekonstruksi Bahan Ajar Dengan Konteks Socio-Scientific Issues Pada Materi Zat Aditif Makanan Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 156-164. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8814
Utomo, A.P., Narulita, E., & Billah, R. N. I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Socio-Scientific Issue (SSI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Ipa Veteran, 4(2), 148-159. https://doi.org/10.31331/jipva.v4i2.1259
Winarni, D. S., Nugraheni, D., & Khasanah. (2022). Analisis Penggunaan Pendekatan Socio-Scientific Issues (SSI) Di Perguruan Tinggi. Dharmas Education Journal, 3(1), 18–24. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.558
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wahyu Kartika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.