Implementasi Kesepakatan Kelas Untuk Mencegah Keributan di Kelas VI A SDN Samarinda Ulu
Keywords:
Kesepakatan Kelas, Keributan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kesepakatan kelas sebagai upaya pencegahan keributan di Kelas 6A SDN Samarinda Ulu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya kejadian keributan di kelas yang mengganggu proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesepakatan kelas telah berhasil diimplementasikan di Kelas 6A SDN Samarinda Ulu. Proses pembuatan kesepakatan melibatkan seluruh anggota kelas, sehingga siswa merasa memiliki dan bertanggung jawab atas kesepakatan yang dibuat. Kesepakatan kelas yang dibuat mencakup berbagai aspek, mulai dari aturan tingkah laku di kelas, tata cara menyampaikan pendapat, hingga sanksi bagi yang melanggar. Implementasi kesepakatan kelas secara konsisten telah berhasil mengurangi frekuensi terjadinya keributan di kelas. Selain itu, kesepakatan kelas juga berkontribusi pada terciptanya suasana kelas yang lebih kondusif dan pembelajaran yang lebih efektif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kesepakatan kelas merupakan salah satu upaya yang efektif untuk mencegah keributan di kelas. Agar implementasi kesepakatan kelas dapat berjalan dengan optimal, diperlukan komitmen dari semua pihak, baik guru maupun siswa. Saran yang dapat diberikan adalah perlu adanya evaluasi secara berkala terhadap kesepakatan kelas yang telah dibuat, serta melibatkan orang tua siswa dalam proses pembuatan dan pengawasan pelaksanaan kesepakatan kelas.
Downloads
References
Abdulah, M. K., Fauzi, I. K. A., & Sudrajat, A. (2022). Manajemen Strategi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan: Studi Deskriptif Analisis di SD Negeri Sindangraja 3, SDN Gunung Kembang, dan SD Islam Al Azhar 18 Cianjur. Jurnal Simki Pedagogia, 5(2), 200–208. https://doi.org/10.29407/jsp.v5i2.149
Andrianto, J., Helmi, N., Purwantono, P., & Indrawan, E. (2020). Pengaruh Kondisi Ruang Kelas Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PDTM di Smk Negeri 5 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(4). https://doi.org/10.24036/vomek.v2i4.163
Chairad, M., Hasibuan, B. S., Fadli, Z., & Saputra, I. (2019). Pengaruh Pendidikan di Luar Kelas (Outdoor Education) Terhadap Pengembangan Karakter Siswa. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17(2), 1. https://doi.org/10.24114/jik.v17i2.12296
Hildani, T., & Safitri, I. (2021). Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 591–606. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.549
Istianah, A. (2021). Implementasi Metode Among untuk Meningkatkan Karakter. Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial dan Pendidikan, 2(1), 34. https://doi.org/10.31002/kalacakra.v2i1.3534
Murtadlo, G., Khotimah, A. K., Alawiyah, D., Elviana, E., Nugroho, Y. C., & Ayuni, Z. (2023). Mendalami Living Qur’an: Analisis Pendidikan dalam Memahami dan Menghidupkan Al-Qur’an. PANDU : Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum, 1(2), 112–118. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i2.206
Mustaghfiroh, M., Ariyanti, N. S., Adha, M. A., & Sultoni, S. (2020). Upaya Peningkatan Komitmen Kerja Guru Bidang Studi (Studi Kasus di SMK Riyadlul Quran Kabupaten Malang). Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 22. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p22-28
Musthofa, M. B., Edy, S., & Haryadi, R. S. (2023). Kesepakatan Kelas dalam Pembelajaran. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(2), 214. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6505
Pusposari, W., Ansoriyah, S., Iskandar, I., & Rahmawati, A. (2022). Afirmasi Seni Teater di dalam Penguatan Pendidikan Karakter. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(02), 255–263. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.204
Raharja, R. M., Asrul, A., Imron, A., & Sunarni, S. (2023). Supervisi, Penjaminan Mutu, dan Manajemen Kelas Yang Kondusif Untuk Kesuksesan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Penjaminan Mutu, 181–191. https://doi.org/10.25078/jpm.v9i02.2522
Saihu, S., & Marsiti, M. (2019). Pendidikan Karakter dalam Upaya Menangkal Radikalisme di SMA Negeri 3 Kota Depok, Jawa Barat. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 23–54. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.47
Setyorini, D., Suneki, S., Prayitno, M., & Prasetiawati, C. (2024). Meningkatkan Minat Belajar dengan Menggunakan Media Wordwall Kelas 4 di Sekolah Dasar. Jurnal Sinektik, 6(1), 25–31. https://doi.org/10.33061/js.v6i1.8885
Utami, S. W. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 4(1), 63. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p63-66
Utari, N. K. S. E. (2023). Penerapan Disiplin Positif Melalui Kesepakatan Kelas untuk Meningkatkan Disiplin Belajar pada Siswa Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(1), 11–19. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i1.2101
Yudi Firmansyah, Erwin Susanto, & Muhammad Mona Adha. (2020). Pengelolaan kelas Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam meningkatkan disiplin belajar. CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(1), 72–76. https://doi.org/10.36805/civics.v5i1.1329
Zarkasyi, A. H., & Anggraini, S. (2022). Penerapan Qudwah Hasanah Guru Mi Nurussalam Ngawi Melalui Pendidikan Profetik. Research and Development Journal of Education, 8(2), 498. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13053
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Ansori
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.