Penerapan Problem Based Learning Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kebermaknaan Belajar Matematika
Keywords:
Problem Based Learning, Kearifan Lokal, Kebermaknaan Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan kebermaknaan belajar dan hasil belajar matemtika siswa terkhusus materi bunga tunggal dan bunga majemuk setelah mengikuti pembelajaran dengan model Problem-Based Learning (PBL) berbasis kearifan lokal. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran yang bermakna bagi siswa, serta potensi kearifan lokal dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap konsep matematika. Bentuk penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Stringer yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Instrumen penelitian ini ialah tes tertulis, angket serta lembar observasi. Subjek penelitian ini ialah sebanyak 32 siswa. Teknik analisis data memakai deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan kebermaknaan belajar siklus 1 dan siklus 2 sebesar78, 125% dan 93,75%. Hasil belajar Matematika pada siklus 1 sebesar 71,875% dan meningkat menjadi 87,5%. Oleh karenanya, penerapan PBL berbasis kearifan lokal bisa meningkatkan kebermaknaan belajar serta hasil belajar matematika siswa kelas XII SMAN 14 Samarinda
Downloads
References
Djafar, N. (2023). Inovasi pembelajaran seni tari berbasis kearifan lokal dalam penanaman nilai karakter mahasiswa sendratasik fsb ung sebagai upaya menjawab tantangan pendidikan era revolusi industri 4.0. Bahasa, Sastra Dan Budaya, 13(1), 78–92.
Febrina, R. (2021). Model Pengelolaan Hutan Imbo Putui Berdasarkan Masyarakat Hukum Adat Petapahan. Riau Law Journal, 5(2), 215-226.
Erlangga, S. Y., Poort, E. A., Winingsih, P. H., Manasikana, O., & Dimas, A. (2023). Meta-Analisis: Effect size Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) dan Pemahaman Konseptual Siswa dalam Fisika. Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(2), 185–198. https://doi.org/10.30738/cjipf.v9i2.15685
Fitria, Y. F. (2022). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Holistik. Jurnal Tarbawi STAI Al--Fithrah, 11, 25–28.
Latifah, S. (2023). Manajemen Kurikulum Berbasis Kearifan Lokal.
Maharani, S. T., & Muhtar, T. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971.
Mardianty, E. P., Tindangen, M., Fendiyanto, P., & Rosifah, D. (2023). Kemampuan Numerasi Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Adaptasi Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL), Dan Kooperatif. In Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman (Vol. 4, pp. 136-139).
Nisa, H., Setiawan, D., & Waluyo, E. (2023). Bagaimana model problem based-learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar? Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 70–75. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.145
OECD (2023), PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education, PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/53f23881-en.
Pahleviannur, M. R., Mudrikah, S., Mulyono, H., Bano, V. O., Rizqi, M., Syahrul, M., ... & Aini, K. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Pradina Pustaka.
Saadah, M., & Mawardi. (2019). Peningkatan kebermaknaan dan hasil belajar siswa melalui desain pembelajaran tematik terpadu alternatif berbasis projek pada siswa kelas 5. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 205–218. http://www.journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/261%0Ahttp://www.journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/download/261/255
Sari, I., & Tasman. (2023). Analisis Kebermaknaan Materi Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(3), 1126–1135.
Setiawan, T. A., & Airlanda, G. S. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Educatio, 9(4), 2043–2051. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5751
Sukriyatun, G., Mujahidin, E., & Tanjung, H. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Inovasi Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Islam, 12, 9–10. https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.3935
Trisnani, N. (2022). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar: Antara Kepercayaan Vs Realita. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 49. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i1.4034
Wardani, D. A. . (2023). Problem based learning: membuka peluang kolaborasi dan pengembangan skill siswa. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 4(I), 1–17.
Widiastuti Karang, G, L, N., & Purnawijaya Edy, P, I. (2021). Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil dan Kebermaknaan Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2), 1103–1110.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Daffa Mubarak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.