Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Di SMAN 11 Samarinda Dalam Mengakomodasi Keberagaman Peserta Didik
Keywords:
Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, Keberagaman Peserta DidikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi pembelajaran berdiferensiasi di SMA Negeri 11 Samarinda untuk mengakomodasi keberagaman peserta didik dan pemenuhan kurikulum merdeka. Melalui pendekatan kualitatif dengan observasi partisipatif, penelitian ini menganalisis bagaimana guru menerapkan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan individual peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah melakukan upaya signifikan dalam memvariasikan tugas dan metode pembelajaran. Namun, terdapat beberapa tantangan seperti keterbatasan waktu dan sumber daya yang menghambat optimalisasi penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Secara keseluruhan, pembelajaran berdiferensiasi berpotensi meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik. Penelitian ini menyarankan pentingnya dukungan berkelanjutan bagi guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi.
Downloads
References
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Kurikulum 2017. Jakarta: Kemendikbud.: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Ki Hadjar Dewantara: Filsuf Pendidikan Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek. (https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/)
Marzano, Robert J., Debra J. Pickering, & Jay McTighe. (2009). Differentiating instruction: A practical guide for meeting the needs of all learners. ASCD.: https://pdo.ascd.org/lmscourses/pd11oc115/syllabus.pdf
Nisa, Z., Haeruddin, H., & Fendiyanto, P. (2024). Perencanaan Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII SMP Negeri 21 Samarinda Berdasarkan Implementasi Kurikulum Merdeka. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman (Vol. 4, pp. 49-57).
Pusat Penilaian Pendidikan. (2023). Asesmen di Kurikulum Merdeka. Puspendik. (https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan-Pembelajarn-dan-Asesmen.pdf)
Suparto, B. (2008). Filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Schleppegrell, M. J. (2023). Education in a multilingual world: Theories, practices, and policies (3rd ed.). Cambridge University Press.
Tomlinson, Carol Ann. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms. ASCD.: https://files.ascd.org/staticfiles/ascd/pdf/siteASCD/video/study-guide_differentiated-classroom_elementary.pdf
UNESCO. (2023). Inclusion and diversity in education: Policies and practices for sustainable development (2nd ed.). UNESCO Publishing.
Wajdi, A. S., & Widyastuti, E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Panduan Bagi Guru dan Kepala Sekolah. Kencana Pustaka.
Webb, J. T. (2023). Learning styles: Current research and applications (4th ed.). Routledge.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Jumiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.