Peningkatan Literasi Melalui Pendekatan TARL Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI C SDN 005 Samarinda Kota
Keywords:
Literasi, TARL, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik kelas VI C SDN 005 Samarinda Kota Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Agustus 2024 dengan instrumen utamanya adalah Pembelajaran Harian (RPPH), Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), dan lembar tes. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan literasi berkat pembelajaran melalui pendekatan TaRL pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan total 86,67% dari total peserta didik kelas VI C dinyatakan tuntas dalam menyelesaikan tes kemampuan literasi. Maka dari itu, peneliti berharap penerapan pembelajaran dengan pendekatan TaRL ini dapat berkelanjutan baik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia maupun pada mata Pelajaran lainnya.
Downloads
References
Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241–5246. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242
Azizah, A., & Fatamorgana, F. T. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Bu’ulolo, Y. (2021). Membangun Budaya Literasi Di Sekolah. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 16–23. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1536
Budiarti, W. N., & Riwanto, M. A. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E Modul) Keterampilan Berbahasa dan Sastra Indonesia SD Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Mahasiswa PGSD. Universitas PGRI Yogyakarta: UPY Journal, 8(1), 97–104.
Dongoran, F. R., Simanungkalit, L. M., Dewi, L. R., Sinaga, E. S., & Tarigan, I. P. (2023). Strategi Belajar & Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 6(1), 75–81. https://doi.org/10.31539/joeai.v6i1.5073
Indartiningsih, D., Mariana, N., & Subrata, H. (2023). Perspektıf Glokal Dalam Implementası Teachıng At The Rıght Level(Tarl) Pada Pembelajaran Berdıfrensıası Pada Kurıkulum Merdeka. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1984–1994. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7547
Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Tarl Model PBL Dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(6), 620–627. https://doi.org/10.5281/zenodo.8139269
Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa Pada Siswa Kelas IV Di SDN Gondrong 2. Jurnal Edukasi Dan Sain, 3(2), 243–252. https://doi.org/10.4324/9781315422138-8
Mulyani, S., Wulan, N. S., & Sumiati, I. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik dengan Metode ADaBta melalui Pendekatan TaRL di Kelas II Sekolah Dasar. Pacu Pendidikan Dasar, 3(1), 2807–1107. https://unu-ntb.e-journal.id/pacu
Niswariyana, A. K., & Muhdar, S. (2021). Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Berbasis Multiple Intelligences pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Ilmiah Telaah, 6(1), 106–112. https://doi.org/10.31764/telaah.v6i1.3872
Rosyidah, N., & Hidayah, I. N. (2024). Analisis Pendekatan TaRL Dalam Model Pembelajaran PJBL Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(4). https://doi.org/10.17977/um065.v4.i4.2024.5
Silaswati, D., Bulan, D. R., & Hermawan, D. (2019). Model Pembelajaran Apresiasi Kajian Sastra Terpadu Untuk Penguasaan Empat Aspek Keterampilan Berbahasa. METAMORFOSIS: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 12(2), 26–39. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v12i2.226
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Amalia Fadila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.