Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Pendekatan Culturally Respon Teaching
Keywords:
Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Culturally Respon TeachingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching pada peserta didik kelas IX-C SMP Negeri 5 Samarinda tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas IX-C, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik. Aktivitas belajar meningkat dari siklus I dengan persentase 52,34% kategori kurang, menjadi meningkat di siklus II dengan persentase 74,25% kategori cukup baik. Hasil belajar juga meningkat dengan nilai rata-rata dari 51,13 pada pra-siklus menjadi 79,75 pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching efektif dalam meningkatkan minat, motivasi, aktivitas, dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IX-C SMP Negeri 5 Samarinda.
Downloads
References
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Cofré, H., Núñez, P., Santibáñez, D., Pavez, J. M., Valencia, M., & Vergara, C. (2019). A Critical Review of Students’ and Teachers’ Understandings of Nature of Science. Science and Education, 28(3–5), 205–248. https://doi.org/10.1007/s11191-019-00051- 3
Gay, (2020). Culturally Responsive Teaching: Theory, Trastice, & Research. New York: Teachers College Press.
Hu, X., Gong, Y., Lai, C., & Leung, F. K. S. (2018). The relationship between ICT and student literacy in mathematics, reading, and science across 44 countries: A multilevel analysis. Computers and Education, 125, 1–13. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.05.021
Liu, Q., Cheng, Z., & Chen, M. (2019). Effects of environmental education on environmental ethics and literacy based on virtual reality
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar.
R. W. S. Cantika Dikna Putri Chysara, "PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA," Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2023.
Ricardo, & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa (The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188–201. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000
Sari, A., Sari, Y. A., & Namira, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Culturally Responsive Teaching (CRT) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA 2 SMA Negeri 7 Mataram Pada Mata Pelajaran Kimia Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Asimilasi Pendidikan, 1(2), 110-118.
Sulastri, Setiyawan, H., & Widyaningrum, R. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Dengan Menerapkan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Pada Siswa Kelas IV SDN Jajartunggal 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Bahasa, 2(2), 167-173.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Veny Aulia Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.