Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Pendekatan Sosial Emosional Pada Peserta Didik Kelas VI SDN 001 Samarinda Ulu

Authors

  • Vina Aulia Putri Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman

Keywords:

Hasil Belajar, IPAS, Pendekatan Sosial Emosional

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya nilai hasil belajar IPAS di kelas VI SDN 001 Samarinda Ulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPAS melalui pendekatan pembelajaran sosial emosional pada peserta didik kelas VI SDN 001 Samarinda Ulu tahun 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VI SDN 001 Samarinda Ulu dengan jumlah 27 dan objek penelitian ini adalah hasil belajar IPAS. Observasi, tes, dan dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan persentase aktivitas guru dan peserta didik, ketuntasan hasil belajar, rata-rata, nilai akhir, dan peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pada pra siklus yaitu 62,40 dengan persentase tuntas 40,74%, pada siklus I menjadi 75,56 dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 21,09% dan persentase tuntas sebesar 66,67%. Pada siklus II nilai rata-rata mengalami peningkatan menjadi 86,07 dengan persentase peningkatan 37,93% dan persentase tuntas sebesar 85,18%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, disimpulkan bahwa terdapat adanya peningkatan hasil belajar IPAS melalui pendekatan pembelajaran sosial emosional pada peserta didik kelas VI SDN 001 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2024/2025.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Avandra, R., Neviyarni, S., & Irdamurni. (2023). Pembelajaran sosial emosional terhadap motivasi belajar peserta didik di sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 5560-5569.

Fikrie & Ariani, L.(2019) Keterlibatan Siswa (Student Engagement) Di Sekolah Sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Keberhasilan Peserta didik Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper. Keterlibatan Peserta didik (Student Engagement) di Sekolah: 1-8. Banjarmasin: Fakultas Pendidikan Psikologi.

Hasani, I., & Kurniawati, H. (2024). Membangun Lingkungan yang Mendukung Pertumbuhan dan Pembelajaran: Studi Kasus Sekolah Ramah Anak di SDIT AR-Rahmaniyah Depok. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 4(3), 13-14.

Musdiani. (2019). Analisis Model Pembelajaran Terhadap Cara Mengajar Guru Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Penggolongan Hewan Di Kelas V Sd Negeri Pante Cermin. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 60.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Palupi, M. A., & Husamah. (2023). Penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPAS siswa kelas 4 SDN Sumbersari 2 Kota Malang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4653–4661.

Pratiwi, A. (2021). The Effect of Crossword Puzzle Learning Strategies on Fourth Grade Students’ Learning Outcomes on Science Learning Contents at Gunung Sari 1 Elementary School Rappocini District Makassar City. International Journal of Elementary School Teacher, 1(1), 1. https://doi.org/10.26858/ijest.v1i1.20107

Sari, R. P., Boleng, D. T., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Perkembangan Moral Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda. In Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman (Vol. 3, pp. 75-81).

Schonert-Reichl, K. A. (2017). Social and Emotional Learning and Teachers. The Future of Children, 27(1), 137-155.

Tsary, D. I., & Widarti, H. R. (2024). Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional Untuk Meningkatkan Hasil Belajar: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(9), 2-4. doi: 10.17977/um065.v4.i9.2023.16.

Widiastuti, Sussi. (2022). Pembelajaran Sosial Emosional dalam Domain Pendidikan: Implementasi dan Asesmen. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), 2-3. http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4427.

Downloads

Published

2024-11-11

How to Cite

Putri, V. A. . (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Pendekatan Sosial Emosional Pada Peserta Didik Kelas VI SDN 001 Samarinda Ulu . Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 5, 1–8. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/4151