Hasil Observasi Kesiapan Belajar Peserta Didik Kelas VIII J SMP Negeri 1 Samarinda Pada Pembelajaran Matematika
Abstract
Kesiapan belajar yang baik pada mata pelajaran matematika sangat dibutuhkan oleh peserta didik mengingat saat ini diterapkan kurikulum yang mengharuskan peserta didik menjadi pusat dalam pembelajaran (student centered) sehingga peserta didik diharapkan untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu cara meningkatkan keaktifan peserta didik yakni dengan meningkatkan kesiapan belajar peserta didik. Namun terdapat peserta didik yang belum memiliki kesiapan belajar. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesiapan belajar peserta didik pada pembelajaran matematika khususnya pada peserta didik kelas VIII J di SMP Negeri 1 Samarinda. Penelitian ini dirancang memakai pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil observasi membuktikan bahwa kesiapan belajar peserta didik kelas VIII J di SMP Negeri 1 pada pembelajaran matematika secara umum tergolong baik. Kesimpulan hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu Dari segi kesiapan fisik dan kesiapan psikis peserta didik telah memiliki kesiapan belajar. Namun dari segi kesiapan materiil terdapat peserta didik yang belum mempersiapkan kebutuhan mereka untuk mengikuti kegiatan pembelajaran matematika.