Karakteristik Kematangan Emosi Sebagai Profil Peserta Didik Kelas X di SMA Negeri 5 Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.30872/semnasppg.v3.1719Keywords:
Kematangan emosi, Profil peserta didikAbstract
Trend pembelajaran masa kini mengarahkan pendidik untuk melaksanakan pembelajaran paradigma baru yang berpusat kepada kebutuhan peserta didik. Untuk mengetahui kebutuhan peserta didik, guru perlu melakukan profiling karakteristik peserta didik sebelum merancang kegiatan pembelajaran. Salah satu karakteristik yang penting adalah perkembangan emosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan emosi peserta didik melalui kategorisasi kematangan emosi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan instrumen angket tertutup skala Likert. Kategorisasi dilakukan dengan menggunakan aspek kontrol emosi, penggunaan fungsi kritis mental, dan pemahaman diri. Dari 105 sampel yang dianalisis diketahui kematangan emosi peserta didik kelas X di SMA Negeri 5 Samarinda masuk pada kategori tinggi 61%, kategori sedang 39%, dan kategori rendah 0%. Dari ketiga aspek yang dianalisis diketahui nilai terendah ada pada aspek pemahaman diri. Untuk itu guru harus bertugas memberikan upaya dalam mengembangkan kematangan emosi peserta didik Hasil analisis kematangan emosi peserta didik ini dapat digunakan guru dalam memahami profil peserta didik. Sehingga guru mampu menentukan rancangan pembelajaran dan asesmen yang tepat untuk mengakomodasi perkembangan emosi peserta didik.