Pengaruh Budaya Disiplin Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa SMA Negeri 1 Samarinda
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh budaya disiplin terhadap karakter siswa di SMA Negeri 1 Samarinda. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2022 di SMA Negeri 1 Samarinda. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah karakter siswa, sedangkan variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah budaya disiplin. Metode penelitian ini menggunakan metode ex-post facto dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu dengan melibatkan seluh siswa dan siswi sebanyak 122 responden. Pada instrumen yang digunakan adalah angket dengan bentuk pilihan dan menggunakan skor skala linkert 5 alternatif jawaban. Adapun untuk teknik regresi yang digunakan adalah hipotesis dengan uji t antara budaya disiplin dengan karakter siswa di SMA Negeri 1 Samarinda bisa disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan diterima, bahwa nilai t hitung > t tabel (1,752 > 1,657), dengan demikian bisa diketahui bahwa budaya disiplin berpengaruh secara siginifikan terhadap karakter siswa di SMA Negeri 1 Samarinda. Dan hasil dari koefisien determinasi menunjukan bahwa budaya disiplin memberikan kontribusi sebesar 81,3% terhadap karakter siswa di SMA Negeri 1 Samarinda. Bagi kepala sekolah sebagai leading sektor di sekolah, hendaknya bisa melakukan penerapan dan pengawasan dari keberlangsungan budaya disipli secara konsisten. Dari mulai perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi terhadap budaya disiplin tersebut. Karena melihat hasil penelitian ini, budaya disiplin yang sudah dilakukan oleh sekolah memberikan nilai yang positif kepada karakter siswa.