Peran Dukungan Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa: Studi Kasus Siswa Kelas X SMAN 2 Samarinda

  • Bela Mulia Wati Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Makrina Tindangen Pendidikan Biologi, Universitas Mulawarman
Keywords: Dukungan sosial, Motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dukungan sosial terhadap motivasi belajar siswa dan mengetahui peran terbesar yang memotivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMAN 2 Samarinda. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X SMAN 2 Malang. Data diperoleh dari hasil observasi dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dari angket yang disebar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial terbesar pada motivasi belajar siswa adalah orang tua yang memperoleh persentase 77,87%, disusul dengan idola yang menunjukkan angka sebesar 71,42%, teman sebaya sebesar 66,95%, guru sebesar 62,00%, dan dukungan sosial lainnya sebesar 53,33%. Dukungan sosial dari orang tua, idola, teman sebaya dan guru menunjukkan kriteria yang baik dalam memotivasi belajar siswa, sedangkan dukungan sosial lainnya menunjukkan kriteria cukup dalam memotivasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-15
How to Cite
Wati, B. M., & Tindangen, M. (2022). Peran Dukungan Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa: Studi Kasus Siswa Kelas X SMAN 2 Samarinda . Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 3, 95 - 98. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/1714
Section
Articles