Analisis Lingkungan Belajar Peserta Didik Kelas X-5 di SMAN 5 Samarinda

Authors

  • Deka Molly Suyono Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Didimus Tanah Boleng Pendidikan Biologi, Universitas Mulawarman
  • Nooryani SMA Negeri 5 Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.30872/semnasppg.v3.1709

Keywords:

Analisis, Lingkungan belajar

Abstract

Lingkungan belajar sangat berperan dalam menciptakan gairah mahasiswa dan secara sosial sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Lingkungan belajar dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa dan keefektifan belajar. Lingkungan belajar tidak hanya secara langsung mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar, lingkungan belajar juga akan menyentuh ranah kognitif atau personal siswa, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara umum lingkungan belajar peserta didik Penelitian ini tergolong jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-5 SMA Negeri 5 Samarinda yang berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara dan pengamatan langsung sehingga akan didapati hasil analisis lingkungan belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Suyono, D. M. ., Boleng, D. T., & Nooryani, N. (2022). Analisis Lingkungan Belajar Peserta Didik Kelas X-5 di SMAN 5 Samarinda . Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 3, 71–74. https://doi.org/10.30872/semnasppg.v3.1709