Analisis Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Keaktifan Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X-9 SMA Negeri 1 Samarinda

  • Erniyanti Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Zulkarnaen Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman
  • Didik Supriyadi SMA Negeri 1 Samarinda
Keywords: Gaya belajar, Keaktifan belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap keaktifan belajar Fisika peserta didik kelas X-9 SMA Negeri 1 Samarinda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 7-11 November 2022, dengan sampel penelitian yaitu kelas X-9 sebanyak 35 orang. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil belajar Visual berjumlah 6 orang (17%), Auditori 3 orang (9%), Kinestetik 5 orang (14%), Read/Writing 2 orang (6%), Visual, Auditori, Kinestetik 5 orang (14%), Visual-Auditori (20%), Visual-Kinestetik 4 (11%), dan Auditori-Kinestetik 3 orang (9%). Sedangkan, hasil perhitungan kriteria keaktifan belajar didapatkan hasil bahwa terdapat 10 orang dengan persentase 100% (kategori sangat baik), 6 orang dengan persentase 90% (kategori sangat baik), 2 orang dengan persentase 80% ( kategori sangat baik), 4 orang dengan persentase 70% (kategori baik), 2 orang dengan persentase 60% ( kategori baik), dan terdapat 1 orang dengan persentase 50% (kategori cukup). Sehingga, dapat disimpulkan bahwa secara garis besar peserta didik kelas X-9 memiliki gaya belajar visual yang lebih dominan, dengan kategori keaktifan belajar yang tergolong sangat baik. Keaktifan belajar peserta didik dapat disebabkan oleh banyak faktor termasuk gaya belajar. Oleh karena itu, sangat penting bagi guru sebagai pendidik serta fasilitator untuk mengetahui gaya belajar yang peserta didiknya agar dapat menentukan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Sehingga dalam penerapannya peserta didik dapat lebih mudah menerima dan memahami materi yang disampaikan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-15
How to Cite
Erniyanti, E., Zulkarnaen, Z., & Supriyadi, D. (2022). Analisis Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Keaktifan Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X-9 SMA Negeri 1 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 3, 65 - 70. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/1706
Section
Articles