Analisis Karakteristik Peserta Didik Untuk Mencapai Pembelajaran Bermakna Kelas X-6 SMA Negeri 1 Samarinda

  • Siti Rahima Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Zulkarnaen Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman
  • Zuliana Chrisnawati SMA Negeri 1 Samarinda
Keywords: Karakteristik, Pembelajaran bermakna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya diferensiasi karakteristik peserta didik pada kemampuan awal peserta didik, motivasi belajar, gaya  belajar dan keberagaman etnik pada peserta didik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi langsung, angket, dan dokumentasi yang dilakukan di kelas X-6 SMA N 1 Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan awal: Memiliki pemahaman dasar 100%, pemahaman awal yang berbeda-beda sesuai konsep dasar materi 73,5%, dan mampu menceritakan pengalaman yang berkaitan dengan materi 40%. (2) Motivasi belajar: menjawab pertanyaan yang diberikan 38,2%, mempersiapkan diri sebelum kegiatan pembelajaran 31,43%, dan memiliki hasrat dan keinginan berhasil 74,29%. (3) Gaya belajar: visual 44,12%, auditori 35,29%, dan kinestetik 20,59%. (4)  keberagaman etnik: keberagaman suku, Jawa 22,86%, Bugis 28,57%, Dayak 11,43%, Banjar 22,86%, dan Kutai 14,28%, serta seluruh peserta didik telah memiliki nilai-nilai toleransi saling menghargai perbedaan yang ada. Memperhatikan adanya diferensiasi karakteristik dari peserta didik dapat membantu pendidik dalam mengembanagkan perangkat pembelajaran yang berdiferensiasi pada konten, proses dan produk yang diharapkan dapat memberikan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-15
How to Cite
Rahima, S., Zulkarnaen, Z., & Chrisnawati, Z. (2022). Analisis Karakteristik Peserta Didik Untuk Mencapai Pembelajaran Bermakna Kelas X-6 SMA Negeri 1 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 3, 56 - 60. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/1703
Section
Articles