Analisis Karakteristik Peserta Didik Ditinjau Dari Perkembangan Motivasi Belajar Dan Sosial Emosional
DOI:
https://doi.org/10.30872/semnasppg.v3.1701Keywords:
Karakteristik, Motivasi belajar, Sosial emosionalAbstract
Pendidikan merupakan wadah bagi peserta didik dalam mengembangkan suatu potensi yang dimilikinya. Potensi dalam hal ini dapat berupa kemampuan kognitif, kemampuan spiritual, kemampuan emosional serta kemampuan keterampilan yang terlibat dalam diri peserta didik seperti motivasi diri. Guru perlu memahami karakteristik awal peserta didik sehingga dalam pelaksanaan pembelajarannya, guru mudah mengelola segala sesuatu yang berkaitan dengan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik perkembangan peserta didik pada aspek motivasi belajar dan perkembangan sosial-emosional sehingga guru dapat merancang pembelajaran dengan memperhatikan tingkat perkembangan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan kuesioner berupa angket. Teknik analisis data menggunakan metode analisis isi dengan data reduction, data display, dan conclusion atau verification. Hasil analisis menunjukkan bahwa, pada aspek perkembangan motivasi belajar, sebanyak 86,67% dari 30 peserta didik mampu memotivasi diri sendiri untuk belajar dengan diakomodir oleh guru dalam menumbuhkan motivasi sebelum mulai pembelajaran. sedangkan pada aspek perkembangan sosial-emosional, sebanyak 83,33% dari 30 peserta didik, perkembangan yang dimiliki telah tercapai dengan baik ditunjukkan dengan peserta didik mampu mengendalikan emosi serta mampu berinteraksi dengan teman.