Analisis Motivasi Belajar Fisika Pada Peserta Didik SMA Negeri 3 Samarinda

  • Nadya Berliana Hidayati Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Zulkarnaen Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman
  • Darmadianingsih SMA Negeri 3 Samarinda
Keywords: Motivasi belajar, ARCS, Pembelajaran fisika

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motivasi belajar peserta didik di dalam kelas menggunakan aspek ARCS (Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Samarinda. Sampel penelitian sebanyak 31 peserta didik kelas XI MIPA 2. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan observasi. Teknik analisis angket adalah deskriptif kuantitatif, sedangkan lembar observasi dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator-indikator ARCS memiliki persentase yang berbeda-beda, aspek perhatian (attention), memiliki persentase sebesar 97%; aspek relevansi (relevance) sebesar 87%; aspek percaya diri (confidence) sebesar 81%, dan aspek kepuasan (satisfaction) sebesar 66%. Jika dilihat dari keempat aspek ARCS, maka urutan aspek tersebut dari persentase tertinggi yaitu Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction. Persentase motivasi belajar hasil penelitian ini untuk memberikan masukan kepada guru agar memahami tingkat motivasi peserta didik khususnya untuk pelajaran Fisika. Guru sebagai fasilitator harus mampu membangkitkan motivasi belajar peserta didik karena manfaat belajar sains yang di dalamnya juga mengkaji ilmu Fisika sangat penting untuk bekal peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Tingkat motivasi belajar yang dimiliki peserta didik berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. Oleh karena itu, perlu kesadaran dari dalam diri peserta didik dan rancangan pembelajaran dari guru yang maksimal agar mampu mencapai tujuan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-15
How to Cite
Hidayati, N. B., Zulkarnaen, Z., & Darmadianingsih, D. (2022). Analisis Motivasi Belajar Fisika Pada Peserta Didik SMA Negeri 3 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 3, 42 - 46. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/1700
Section
Articles