Analisis Karakteristik Terhadap Latar Belakang Peserta Didik Bagi Pembelajaran Efektif

Authors

  • Anggun Noor Kurnia Sari Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Mukhamad Nurhadi Pendidikan Kimia, Universitas Mulawarman
  • Eka Purwaning Tyas SMA Negeri 3 Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.30872/semnasppg.v3.1698

Keywords:

Karakteristik, Interaksi guru, Pembelajaran efektif

Abstract

Guru perlu memahami karakteristik dan kompetensi awal peserta didiknya saat melakukan proses perencanaan pembelajaran. Analisis kompetensi awal peserta didik adalah kegiatan mengidentifikasi peserta didik dari segi kebutuhan dan karakteristik guna menentukan langkah-langkah atau tujuan serta spesifikasi dan kualifikasi materi. Karakteristik peserta didik berfokus pada latar belakang, gaya belajar, serta lingkungan sosial peserta didik. Interaksi antara guru dengan peserta didik, peserta didik dengan orang lain tidak lagi satu arah, tetapi menjadi hubungan emosional, peduli atau interaktif selama proses belajar mengajar. Tujuan dari penyusunan jurnal ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai karakteristik peserta didik untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif. Penyusunan jurnal ini menggunakan pengumpulan studi literatur yang merujuk pada informasi/data melalui dokumen lembar observasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Sari, A. N. K. ., Nurhadi, M., & Tyas, E. P. (2022). Analisis Karakteristik Terhadap Latar Belakang Peserta Didik Bagi Pembelajaran Efektif. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 3, 30–33. https://doi.org/10.30872/semnasppg.v3.1698