Analisis Karakteristik Terhadap Latar Belakang Peserta Didik Bagi Pembelajaran Efektif
DOI:
https://doi.org/10.30872/semnasppg.v3.1698Keywords:
Karakteristik, Interaksi guru, Pembelajaran efektifAbstract
Guru perlu memahami karakteristik dan kompetensi awal peserta didiknya saat melakukan proses perencanaan pembelajaran. Analisis kompetensi awal peserta didik adalah kegiatan mengidentifikasi peserta didik dari segi kebutuhan dan karakteristik guna menentukan langkah-langkah atau tujuan serta spesifikasi dan kualifikasi materi. Karakteristik peserta didik berfokus pada latar belakang, gaya belajar, serta lingkungan sosial peserta didik. Interaksi antara guru dengan peserta didik, peserta didik dengan orang lain tidak lagi satu arah, tetapi menjadi hubungan emosional, peduli atau interaktif selama proses belajar mengajar. Tujuan dari penyusunan jurnal ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai karakteristik peserta didik untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif. Penyusunan jurnal ini menggunakan pengumpulan studi literatur yang merujuk pada informasi/data melalui dokumen lembar observasi.