Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Peserta Didik Kelas XI MIPA 4 di SMA Negeri 5 Samarinda

  • Dwinta Nor Aulia Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Zulkarnaen Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman
  • Nurul Hidayati SMA Negeri 5 Samarinda
Keywords: Gaya belajar, Visual, Auditorial, Kinestetik

Abstract

Salah satu karakteristik belajar yang berkaitan dengan menyerap, mengolah, dan menyampaikan informasi tersebut adalah gaya belajar peserta didik. Gaya belajar merupakan modalitas belajar yang sangat penting. Informasi terkait karakteristik gaya belajar peserta didik yang akan diajari, sangat penting bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya. Peserta didik juga akan lebih mudah memotivasi dirinya dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA 4 di SMA Negeri 5 Samarinda Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 37 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket/kuesioner yang akan diisi oleh subjek penelitian. Hasil analisis gaya belajar terhadap seluruh peserta didik kelas XI MIPA 4 di SMA Negeri 5 Samarinda adalah gaya belajar Visual (41%), gaya belajar Auditorial (8%), gaya belajar Kinestetik (19%), gabungan gaya belajar Visual dan Auditorial (11%), gabungan gaya belajar Visual dan Kinestetik (19%) dan gabungan gaya belajar Auditorial dan Kinestetik (3%).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-15
How to Cite
Aulia, D. N., Zulkarnaen, Z., & Hidayati, N. H. (2022). Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Peserta Didik Kelas XI MIPA 4 di SMA Negeri 5 Samarinda . Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 3, 16 - 19. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/1696
Section
Articles