PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN 1 PAKUAN
Abstract
Pembelajaran Tematik adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang mengaitkan beberapa materi pelajaran pada beberapa mata pelajaran menjadi satu kesatuan yang kemudian dikemas dalam bentuk tema. Kurangnya kemampuan guru dalam membangun keaktifan siswa dan penggunaan media pembelajaran yang belum tepat, sehingga berdampak juga pada hasil belajar siswa yang masih rendah merupakan permasalahan yang diagkat dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik Tema 4 “Berbagai Pekerjaan“, Sub Tema 3 “Pekerjaan Orang Tuaku“, pembelajaran 6 melalui media audio visual pada siswa kelas IV SDN 1 Negeri Pakuan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan pengukuran hasil belajar. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisa deskriptif yang terdiri atas 3 (tiga) alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil peelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, dari 20 siswa hanya 12 siswa yang mencapai nilai KKM (ketuntasan klasikal sebesar 60%), maka dilanjutkan dengan siklus ke II, dengan menggunakan media audio visual dan ternyata dari 20 siswa terdapat 18 siswa yang mencapai nilai KKM (ketuntasan klasikal 90 %). Demikian juga keaktifan siswa pada siklus I hanya ada 9 siswa yang aktif (45 %) menjadi 19 siswa (95%) pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN 1 Negeri Pakuan.
Downloads
Copyright (c) 2021 Dewi Kirana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.