PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA SISWA KELAS V SDN SUKAJADI
Abstract
Proses pembelajaran yang terjadi pada siswa kelas V SDN SUKAJADI, berjalan kurang maksimal. Hal ini disebabkan guru belum terampil dalam menggunakan media serta metode pembelajaran yang digunakan sangat monoton. Hal ini kemudian berdampak pada aktivitas dan hasil belajar siswa yang rendah pada materi pentingnya memelihara kesehatan pada organ peredaran darah manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi memelihara Kesehatan pada organ peredaran darah manusia melalui model Project Based Learning (PJBL) dengan media audiovisual pada siswa Kelas V SDN SUKAJADI, Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin, Propinsi Sumatera selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dan kualiatif. Sedangkan analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis deskriptif yang didasarkan pada pengamatan menggunakan lembar observasi terhadap aktivitas belajar siswa dan tes pilihan ganda pada google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan siklus I aktivitas belajar dan keaktifan siswa belum begitu optimal meski sudah memperlihatkan peningkatan dari setiap siklusnya. Dan pada siklus II, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar telah mencapai ketuntasan minimal dalam ketercapaian indikator sebagai variabel ketercapaian penelitian.
Downloads
Copyright (c) 2021 Ali Sodikin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.