PENERAPAN MEDIA MANIPULATIF PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PADA SISWA KELAS VI SD SWASTA WHS KALIMANTAN BARAT

  • Iskandar Iskandar Universitas Mulawarman
Keywords: Bilangan, Media Manipulatif, Operasi Hitung

Abstract

Berdasarkan hasil pengamtan pada pra penelitian diketahui bahwa hasil belajar siswa sangat rendah yaitu dengan nilai rata-rata hanya sebesar 57,69 dimana 28 siswa kelas VI hanya 7 orang (26,92 %) siswa  mencapai nilai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 70,00. Disis lain terlihat aktifitas belajar siswa cenderung rendah dan monoton, ditandai dengan siswa lebih senang diceramahi, siswa kurang aktif bertanya,  dan juga sangat sedikit siswa yang mampu menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VI SDS WHS pada materi operasi hitung bilangan bulat melalui model Project Based Learning (PjBL) dengan media pembelajaran manipulatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang didasarkan pada pengamatan menggunakan lembar observasi terhadap aktvitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran Matematika kelas VI materi Operasi Hitung Bilangan Bulat dengan menggunakan model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Hal tersebut dapat dilihat pada setiap siklus dimana siswa dapat melakukan aktivitas sendiri dan bekerjasama dalam kelompok secara langsung, dalam memahami materi dan menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran yang dilaksanakan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-31
Section
Articles