PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN PENDOPO BARAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO, POWERPOINT, DAN DISKUSI

  • Rujito Aribowo Universitas Mulawarman
  • Makrina Tindangen Universitas Mulawarman
Keywords: Pembelajaran Tematik, Media Powerpoint, Media Video, Diskusi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah dengan media video dan PPT dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran tematik yang menyenangkan pada siswa kelas V SD Negeri 1 Pendopo Barat,Kab. Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan. Analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis deskriptif yang didasarkan pada pengamatan menggunakan lembar observasi terhadap aktifitas belajar siswa dan lembar evaluasi. Hasil analisis data yang diperoleh bahwa pada pelaksanaan siklus I diperoleh ketuntasan belajar   sebesar 50 %, namun hasil belajar tersebut belum mencapai indikator capaian. Maka dilanjutkan pada siklus ke II. Pada tindakan pelaksanaan siklus  II diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 80 %, terdapat 18 siswa yang tuntas dari 20 siswa yang mengikuti tes dan terjadi peningkatan sebesar 40 % dari hasil pelaksanaan siklus I. Aktifitas belajar siswa meningkat dari siklus I hingga siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui media Video dan PPT metode diskusi sebagai cara membuat siswa semangat dalam mengikuti pelajaran dapat meningkatan hasil belajar siswa y

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-31
How to Cite
Aribowo, R., & Tindangen, M. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN PENDOPO BARAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO, POWERPOINT, DAN DISKUSI. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 2, 33-35. https://doi.org/10.30872/semnasppg.v2.1026
Section
Articles