PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SATUAN PANJANG MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA GESIT (GERBONG SATUAN HITUNG) BAGI SISWA KELAS II SDN 007 TANJUNG REDEB

  • Verry Anisiah Universitas Mulawarman
Keywords: Hasil Belajar Matematika, Media Gesit, Pendekatan Saintifik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi Satuan Panjang melalui pendekatan saintifik berbantukan media GESIT (Gerbong Satuan Hitung) bagi siswa kelas II SD Negeri 007 Tanjung Redeb tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan dengan subyek siswa kelas II SDN 007 Tanjung Redeb dengan jumlah 27 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi hasil pengamatan. Data yang diperoleh berupa hasil nilai tes siswa pada siklus I dan siklus II. Analisis data dilakukan dengan analisa deskriptif komparatif, yaitu membandingkan hasil pengamatan nilai tes kognitif siswa pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian diperoleh bahwa dengan menggunakan pendekatan saintifik berbantukan media GESIT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN 007 Tanjung Redeb tahun pelajaran 2019-2020 dalam menghitung konversi satuan panjang. Dari hasil penelitian ini disarankan sebaiknya guru dapat menggunakan media GESIT dalam pembelajaran materi satuan panjang dan mampu mengembangkan media dalam pembelajaran lain serta menganalisis setiap permasalahan pembelajaran yang ditemukan di dalam kelas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-31
Section
Articles