PENERAPAN MODEL VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 023 BANYUASIN III

  • Windayani Windayani Universitas Mulawarman
Keywords: Hasil Belajar Siswa, Model VAK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 023 Banyuasin III melalui model Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan dua siklus pada setiap siklusnya. Teknik analisis data kualitatif berupa analisis data aktivitas siswa dan data kuantitatif berupa analisis data hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) dapat meningkatkan aktivitas dan  hasil belajar tematik pada tema kewajiban dan hak dalam bertetangga. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa pada ranah kognitif siklus I sebesar 78,57% dan siklus II sebesar 86,90%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-31
How to Cite
Windayani, W. (2021). PENERAPAN MODEL VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 023 BANYUASIN III. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 2, 24-26. https://doi.org/10.30872/semnasppg.v2.1023
Section
Articles