PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MATERI KOSA KATA KEGIATAN MALAM HARI MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS 1

  • Murliyanti Murliyanti Universitas Mulawarman
Keywords: Hasil Belajar Siswa, Project Based Leraning, Media Audiovisual

Abstract

Pada pembelajaran secara luring pada mupel tematik tema 3 Kegiatanku Subtema 4 kegiatan malam hari cenderung kurang diminati oleh siswa kelas 1 SDN 01 Karya Maju Lampung disebabkan guru belum terampil dalam menggunakan media pembelajaran, kurang maksimal dalam pemanfaatan media pembelajara karena media dan metode pembelajaran serta pemberian tugas oleh guru bersifat monoton. Aktivitas dan hasil belajar siswa dalam memperoleh pengetahuan tentang kosa kata kegiatan malam hari juga rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi menyebutkan kosa kata melalui model Project Based Learning (PjBL) dengan media audiovisual pada siswa Kelas 1 SDN 01 Karya Maju Lampung. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode penelitian kuantitatif dan kualiatif. Sedangkan analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis deskriptif yang didasarkan pada pengamatan menggunakan lembar observasi terhadap aktvitas belajar siswa dan tes pilihan ganda pada google form. Hasil analisis data yang diperoleh bahwa pada pelaksanaan siklus I dan II dari hasil observasi yang dilakukan selama proses pembelajaran menunjukan aktivitas belajar dan keaktifan siswa belum begitu optimal meski sudah memperlihatkan peningkatan dari setiap siklusnya. Dan pada siklus III, aktivitas belajar siswa dan juga hasil belajar telah mencapai ketuntasan minimal dalam ketercapaian indikator sebagai variabel ketercapaian penelitian. Seperti terlihat bahwa keaktifan siswa meningkat dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II, serta hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 68,28% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84,78%. Dengan demikian, pembelajaran tema 3 kegiatanku dengan menggunakan model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa hal tersebut dapat dilihat pada setiap siklus dimana siswa dapat melakukan aktivitas sendiri dan bekerjasama dalam kelompok secara langsung, dalam memahami materi dan menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran yang dilaksanakan tersebut di pembelajaran kelas 1 SDN Karya Maju Lampung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-31
How to Cite
Murliyanti, M. (2021). PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MATERI KOSA KATA KEGIATAN MALAM HARI MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS 1. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 2, 11-18. https://doi.org/10.30872/semnasppg.v2.1021
Section
Articles