PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VIC SDN PEKAYON 16 PAGI JAKARTA TIMUR

  • Meri Purwatiningsih Universitas Mulawarman
Keywords: Hasil Belajar, IPA, Project Based Learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi awal di kelas VIC SDN Pekayaon 16 pagi Jakarta. Keterampilan guru pada pembelajaran masih berpusat pada guru, selain itu guru selalu memberikan materi berupa ceramah yang mendominasi seluruh kegiatan pembelajaran, dan guru kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran . Aktivitas dan hasil belajar siswa dalam memperoleh pengetahuan tentang muatan pembelajaran IPA masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada muatan pembelajaran IPA melalui model Project Based Learning (PjBL) pada siswa Kelas VIC SDN Pekayon 16 Pagi. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode penelitian kuantitatif dan kualiatif, sedangkan analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis deskriptif yang didasarkan pada pengamatan menggunakan lembar observasi terhadap aktivitas belajar siswa dan tes essay. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan siswa kelas IVC SDN Pekayon 16 Pagi yang berjumlah 15 siswa. Hasil analisis data yang diperoleh bahwa pada pelaksanaan siklus I dari hasil observasi yang dilakukan selama proses pembelajaran menunjukan aktivitas belajar dan keaktifan siswa belum begitu optimal meski sudah memperlihatkan peningkatan dari setiap siklusnya hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 21 kategori cukup dan pada siklus II memperoleh rata-rata skor 25,5 dengan kategori baik Dengan demikian, pembelajaran IPA kelas VIC SDN Pekayon 16 pagi dengan menggunakan model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, hal tersebut dapat dilihat pada setiap siklus dimana siswa dapat melakukan aktivitas sendiri dan bekerjasama dalam kelompok secara langsung, dalam memahami materi dan menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran yang dilaksanakan tersebut di pembelajaran kelas VIC SDN Pekayon 16 Pagi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-31
Section
Articles