PENERAPAN ALAT PERAGA KONKRET DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III

  • Maisyarah Maisyarah Universitas Mulawarman
  • Makrina Tindangen
  • Mutmaiyah Mutmaiyah Universitas Mulawarman
Keywords: Hasil Belajar Matematika, Media Benda Konkret

Abstract

Pembelajaran secara luring penjumlahan dan pengurangan pada pelajaran Matematika cenderung kurang diminati oleh siswa kelas III SDN 005 Sambaliung Kecamatan Sambaliung Kabupaten Berau Kalimantan Timur disebabkan guru belum maksimal  dalam menggunakan alat peraga konkrit dan dalam pemanfaatan media pembelajaran serta pemberian tugas yang masih bersifat monoton. Hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika khususnya penjumlahan dan pengurangan menjadi rendah. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran Matematika melalui alat peraga media konkrit siswa Kelas III B SDN 005 Sambaliung Semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 23 siswa dalam kegiatan pembelajaran. Ketuntasan belajar meningkat dari pra siklus, siklus I ke siklus II yaitu masing- masing 51,72%, 63,33% dan 86,21%. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal sudah mulai tercapai dan mengalami peningkatan yang sangat baik. Dengan demikian, penggunaan media alat peraga konkrit dapat meningkatkan hasil belajar  penjumlahan dan pengurangan pada pelajaran Matematika

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-31
Section
Articles