Korelasi Antara Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Soal AKM Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

  • Muhammad Daffa Mubarak Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
Keywords: Kemampuan Numerasi, Asesmen Kompetensi Minimum, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi kemampuan numerasi dalam menyelesaikan soal Asesmen Kompetensi Minimum dengan hasil belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis korelasi dengan sample penelitian seluruh siswa kelas VII dan VIII di SMP Muhammadiyah 1 Samarinda yang berjumlah 42 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian soal tes yang berbentuk isian singkat dimana masing-masing tes diberikan 4 butir soal dengan materi statistika. Analisis data dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada korelasi antara kemampuan numerasi dalam mengerjakan soal AKM dan hasil belajar matematika siswa. Nilai Sig. (2-tailed) 0.105 > lebih besar dari 0,05 yang berarti tidak ada korelasi yang signifikan antara variabel AKM dengan Hasil Belajar. Angka koefisien korelasi sebesar 0.253 artinya tingkat korelasi (korelasi) antara variabel AKM dengan kepuasan Hasil Belajar memiliki korelasi yang rendah atau lemah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, D. (2015). Analisis Kesulitan Pemahaman Konseptual Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Peluang Di Man Sanggau. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(10), 1–10.
Baharuddin, M. R., Sukmawati, S., & Christy, C. (2021). Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Pecahan. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 90–101.
Bangsa, N. tim. (2021). Ruang AKsi AKM Numerasi dan Survei Karakter untuk SMP/MTs (M. Juniastri (ed.); 1st ed.). Yrama Widya.
Fauziah, N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Kemampuan Matematis Pemecahan Masalah Siswa dalam Penyelesaian Soal Tipe Numerasi AKM. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3241–3250.
Indahri, Y., Penelitian, P., Keahlian, B., Ri, D., Jenderal, J., & Subroto, G. (2021). Asesmen Nasional sebagai Pilihan Evaluasi Sistem Pendidikan Nasional National Assessment as a Choice of Evaluation to National Education System. Jurnal Masalah-Masalah Sosial |, 12(2), 2614–5863.
Kemendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran, Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Dan KebudayaanPembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–37.
Linanda, Tressa, H. D. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. LENSA PENDAS, 7(2), 85–96.
OECD. (2019). Programme for International Student Assessment (PISA). The Language of Science Education, I–III, 1–10.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2019). Metode Penenlitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 68-69.

Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1), 29–39.
Pusmenjar Kemdikbud. (2021). Asesmen Nasional, Lembar Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 14, 1–32.
RISQIYAH, M. Hubungan Antara Kemampuan Literasi Numerasi dengan Hasil Belajar Matematika pada Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas.
Widiasih, Permanasari, A., Riandi, & Damayanti, T. (2018). The profile of problem-solving ability of students of distance education in science learning. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1), 0–6.
Published
2023-07-30
How to Cite
Mubarak, M. D. (2023). Korelasi Antara Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Soal AKM Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 232 - 239. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2489