Perspektif Gender Terhadap Motivasi Belajar dan Kecemasan Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas

  • Freddy Prasetyo Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat
  • Ardianti Rukmana Ugu SMA Negeri 1 Sangatta Selatan, Kalimantan Timur
Keywords: Kecemasan Matematika, Motivasi Belajar, Gender

Abstract

Pembelajaran matematika dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, yang dapat berpengaruh positif atau negatif terhadap pelaksanaan pembelajaran, pada diri siswa terdapat berbagai ekspresi emosi baik itu emosi positif berupa motivasi belajar maupun ekspresi negatif seperti kecemasan, yang tentunya kedua hal ini dapat dialami secara berbeda bagi setiap orang, terutama bagi siswa laki-laki dan perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana motivasi belajar dan kecemasan matematika siswa ditinjau berdasarkan gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang dilakukan terhadap sembilan puluh responden siswa kelas sebelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa perempuan lebih tinggi daripada siswa laki-laki, sedangkan tingkat kecemasan matematika pada siswa laki-laki lebih tinggi dibandingkan siswa perempuan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Freddy Prasetyo, Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat

 

 

Ardianti Rukmana Ugu, SMA Negeri 1 Sangatta Selatan, Kalimantan Timur

 

 

References

Akmalia, R., & Ulfah, S. (2021). Kecemasan dan Motivasi Belajar Siswa SMP Terhadap Matematika Berdasarkan Gender di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2285–2293.
Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 25–37.
Anita, I. W. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau Dari Jenis Kelamin Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 246–251.
Auliya, D., & Marlina, R. (2021). Minat Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Jenis Kelamin : Adakah Pengaruhnya? JIPMat, 6(2), 179–193.
Dina, A. S., Ambarwati, L., & Meiliasari. (2022). Literature Review: Faktor Kecemasan Matematika Siswa dan Upaya Mengatasinya. J-Pimat, 4(1), 443–450.
Imro’ah, S., Winarso, W., & Baskoro, E. P. (2019). Analisis Gender Terhadap Kecemasan Matematika Dan Self Efficacy Siswa. KALAMATIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 23–36.
Lestari, S., Fatimah, S., & Mardetini, E. (2022). Perbedaan Motivasi Belajar Mahasiswa Indekos Dengan Mahasiswa Yang Tinggal Bersama Orang Tua. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 9(1), 55–61.
Lukita, D., & Sudibjo, N. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 145–161.
Moslem, M. C., Komaro, M., & Yayat. (2019). Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Aircraft Drawing Di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 258–265.
Oksara, W., & Nirwana, H. (2019). Perbedaan motivasi belajar antara siswa laki-laki dan siswa perempuan. Jurnal Neo Konseling, 1(2), 1–8.
Prasetyo, F., & Dasari, D. (2023). Studi Literatur: Identifikasi Kecemasan Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 240–253.
Prasetyo, F., & Juandi, D. (2023). Systematic Literature Review : Identifikasi Penerapan Model Pembelajaran Terhadap Kecemasan Matematika Siswa. ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 28–47.
Putra, A., & Yulanda, S. (2021). Kecemasan Matematika Siswa dan Pengaruhnya: Systematic Literature Review. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 15(1), 1-14.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 289–302.
Ramadhani, I. W., Fahmawati, Z. N., & Affandi, G. R. (2021). Pelatihan Goal setting Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Altruis: Journal of Community Services, 2(3), 66–70.
Santana, K., Dewi, F. I. R., & Budiarto, Y. (2017). Perbandingan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD X, Y, Z Berdasarkan Jenis Kelamin Dan Partisipasi Bimbingan Belajar. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(2), 41–47.
Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Nata Karya.
Susanto, R., Supriyono, & Maryam, I. (2018). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Siswa Kelas VIII SMP N 40 Purworejo 1. Ekuivalen, 47(4), 1–8.
Tampubolon, B. (2020). Motivasi Belajar Dan Tingkat Belajar Mandiri Dalam Kaitannya Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 5(2), 34–41.
Waritsman, A. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(1), 28–32.
Yudianto, E., Nindya, Y. S., & Setiawan, T. B. (2021). Kecemasan Geometri Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Van Hiele. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1102–1115.
Published
2023-07-30
How to Cite
Prasetyo, F., & Ugu, A. R. (2023). Perspektif Gender Terhadap Motivasi Belajar dan Kecemasan Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 135-141. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2477