Analisis Kesulitan Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient dalam Menyelesaikan Soal Limit Berdasarkan Teori Polya

  • Ulya Salsabila Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pekalongan, Jawa Tengah
  • Rini Utami Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pekalongan, Jawa Tengah
Keywords: Adversity Quotient, Kesulitan Siswa, Teori Polya

Abstract

Adversity Quotient (AQ) merupakan salah satu faktor yang dimiliki siswa dalam menanggapi berbagai kesulitan. AQ merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mengatasi kesulitan dan bertahan hidup. Siswa memiliki ketahanan dalam menghadapi kesulitan yang berbeda, ada yang pantang menyerah, berusaha dan ada yang mudah menyerah. Oleh karena itu, tujuan peneltian adalah untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dengan kategori AQ tinggi, AQ sedang, dan AQ rendah dalam menyelesaikan soal limit berdasarkan teori Polya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitianya yaitu siswa SMA Negeri 4 Pekalongan kelas XI. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket Adversity Quotient, tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kategori AQ tinggi dalam menyelesaikan soal mengalami kesulitan dalam memeriksa kembali. Siswa dengan kategori AQ sedang dalam menyelesaikan soal mengalami kesulitan merencanakan strategi penyelesaian, kesulitan menyelesaikan masalah sesuai rencana dan kesulitan memeriksa kembali dari masalah. Sedangkan siswa dengan kategori AQ rendah dalam menyelesaikan soal mengalami kesulitan mengidentifikasi hal-hal yang diketahui, kesulitan merencanakan langkah penyelesaian, kesulitan menuliskan langkah penyelesaian dan kesulitan memeriksa kembali dari masalah.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ulya Salsabila, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pekalongan, Jawa Tengah

 

 

Rini Utami, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pekalongan, Jawa Tengah

 

 

References

Bruno, A., Qohar, A., Susanto, H., & Permadi H. (2021). Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika Dilihat Dari Adversity Quotient (AQ). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 91–103.
Fransiska, R., Anwar, & Syahjuzar. (2022). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Turunan Fungsi Aljabar Di SMA Plus Al-’Athiyah Tahfidz Al-Qur’an Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 7(2), 140–151.
Khumairoh, B., Amin, SM, & Wijayanti, P. (2020). Penalaran Proporsional Siswa Kelas Menengah Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 9(1), 67–80.
Merianah, M. (2019). Pengaruh dari Kecerdasan Emosi dan Adversity Quotient Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SDIT IQRA’1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 29–35.
Nababan, R., J., Sutriyono, dan Pratama, F., W. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 1(2), 80–92.
Pinardi, J., Punding, W., Suparman, & Subagjo, A. (2021). Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Turunan Fungsi SMA Negeri 3 Palangka Raya. Jurnal Pendidikan, 22(1), 37–43.
Rukhmana, T. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mempelajari Aljabar Pada Kelas VIII SMP Negeri 2 Kerinci. Journal of Didactic Mathematics, 1(1), 53–57.
Septianingtyas, N., & Jusra, H. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Adversity Quotient. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 657–672.
Stoltz, P. G. (2000). Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: Grasindo.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2023-07-30
How to Cite
Salsabila, U., & Utami, R. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient dalam Menyelesaikan Soal Limit Berdasarkan Teori Polya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 90-100. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2471