Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VII Menggunakan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Edutainment
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan representasi matematis menggunakan media pembelajaran matematika berbasis edutainment. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 32 Palembang yang telah mempelajari materi penyajian data. Subjek dikumpulkan untuk memperhatikan media pembelajaran dengan menyelesaikan LKPD bersama-sama secara perkelompok disuatu tempat. Instrument dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Media Pembelajaran Berbasis Edutainment, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berisi aktivitas-aktivitas berupa masalah pada materi penyajian data, Soal Tes yang berisi 3 (Tiga) soal untuk mengukur kemampuan representasi matematis siswa. Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis edutainment dengan menggunakan video animasi dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah yang diberikan dan memberikan kesempatan kepada subjek untuk dapat memahami matematika melalui cara yang lebih mudah dan lebih dimengerti bagi mereka. Sehingga subjek menemukan caranya untuk menyelesaikan masalah secara mandiri.
Downloads
References
Fariz, I. N., Gusrayani, D., & Isrok’atun. (2006). Pengaruh Pendekatan Rme Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa. UPI Kampus Sumedang, (211), 751–760
Fitrianingrum, Basir, M. A. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(1), 1-11
Hussain, F. (2013). E-Learning 3.0 E-Learning 2.0 + Web 3.0. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME).
Soesana, A., Widyastuti, A., & Subakti, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran di Era Society 5.0. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Hermann, M., Pentek, T., & Otto, B. (2016) Design Principles for Industrie 4.0 Scenarios. Proceedings of the Annual Hawaii International Conference on System Sciences, 3928–3937.
Hijriani, L., Rahardjo, S., & Rahardi, R. (2018). Deskripsi Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal PISA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(5), 603–607.
Oktaria, M., Alam, A. K., & Sulistiawati. (2016). Penggunaan Media Software Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(10), 99–107.
Tyas, W. H., & Sujadi, I., Riyadi. (2016). Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial Dan Perbandingan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(8), 781–792.
Wijaya, C. B. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Pada Kelas VII-B Mts Assyafi ’ iyah Gondang. Suska: Journal of Mathematics Education, 4(2), 115–124.
Copyright (c) 2023 Saleha & Nuraeni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.