Representasi Matematis Ditinjau Dari Rasa Percaya Diri Siswa Pada Pembelajaran Problem Posing

  • Nur Jannatul Khoirina Program Studi Pendidikan Matematika, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah
  • Rochmad Program Studi Pendidikan Matematika, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah

Abstract

Bahasan pada matematika berkenaan dengan objek abstrak yang membutuhkan pemahaman  konsep-konsep ilmiah. Pembelajaran matematika yang efektif sangat diperlukan guna membangun pemahaman yang utuh mengenai konsep-konsep dalam ilmu matematika sehingga memungkinkan peserta didik untuk memahami apa yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Sebagaimana yang dirumuskan oleh NCTM berkaitan dengan proses pembelajaran yang menekankan lima standar proses antara lain pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reason and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections), dan representasi (representation). Oleh karena itu, kemampuan representasi matematika menjadi salah satu tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan pembelajaran matematika. Artikel ini memikliki tujuan untuk mendeskripsikan mengenai kemampuan representasi matematis ditinjau dari rasa percaya diri siswa pada pembelajaran problem posing. penelitian dengan metode literatur review berdasarkan kajian penelitian-penelitian terlebih dahulu yang relevan mengenai kemampuan representasi matematis. Berdasarkan laporan hasil Trends in International Mathematics and Science Study diketahui bahwa peserta didik SMP di Indonesia kemampuan dalam mengungkapkan ide atau konsep matematika, seperti materi pembagian bilangan, aljabar, geometri, representasi data, analisis, dan peluang belum optimal. Selain kemampuan representasi matematis sebagai salah satu aspek kognitif, guna mencapai keberhasilan peserta didik dalam belajar matematika juga diperlukan aspek afektif, salah satunya rasa percaya diri. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan mengemukakan ide penelitian mengenai representasi matematis siswa ditinjau dari rasa percaya diri siswa pada pembelajaran problem posing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, A. (2016). Perbandingan Pendekatan Open-Ended Dan Inkuiri Terbimbing Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Representasi Multipel Matematis. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1).
Astra, I. M., & Jannah, M. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing Terhadap Hasil Belajar Fisika Dan Karakter Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(2), 135–143.
Delina, Afrilianto & Rohaeti. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Self Confidence Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovativ, 1(3), 281-288.
Hadi, S., & Novaliyosi, N. (2019, November). TIMSS Indonesia (Trends in international mathematics and science study). In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers
Hapsari, V. S., Nizaruddin, N., & Muhtarom, M. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Mata Pelajaran Bangun Ruang Sisi Datar. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(6), 267-278.
Hendriana, H. (2014). Membangun rasa percaya diri siswa melalui pembelajaran matematika humanis. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 52-60.
Komara, I. B. (2016). Hubungan antara rasa percaya diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 33-42.
Sabirin, M. (2014). Representasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33-44.
Sanjaya, I. I., Maharani, H. R., & Basir, M. A. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Lingkaran Berdasar Gaya Belajar Honey Mumfrod. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(1), 72-87.
Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Posing. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(1), 48. https://doi.org/10.21927/literasi.2017.8(1).48-58
Sofyan, D., & Madio, S. S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik Melalui Pendekatan Problem Posing Dalam Pembelajaran Matematika di SMA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 93–104. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.297
Sutrisno, S., & Titi, R. A. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK Kimia Industri Theresiana Semarang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 65-76.
Syah, A., & Alimuddin, A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Problem Posing terhadap Kreativitas Matematika dan Aktivitas Siswa Pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 7 Polewali. Jurnal Pendidikan, 15(1).
Wahyuni, S. (2013). Hubungan antara rasa percaya diri dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa psikologi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(4).
Published
2022-07-31
How to Cite
Khoirina, N. J., & Rochmad, R. (2022). Representasi Matematis Ditinjau Dari Rasa Percaya Diri Siswa Pada Pembelajaran Problem Posing. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2(1), 39-46. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/1243