Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending

  • Savitri Yulia A Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah
  • Rochmad Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah
Keywords: Koneksi Matematis, CORE, Gaya Belajar V-A-K

Abstract

Koneksi matematika adalah hubungan antara topik matematika, hubungan antara matematika dan mata pelajaran lain, dan relevansi matematika dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan: (1) Keefektifan model pembelajaran CORE dalam meningkatkan keterampilan koneksi matematika siswa. (2) Menjelaskan keterampilan koneksi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran CORE dalam kaitannya dengan gaya belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Al Asror Semarang. Desain studi kuantitatif menggunakan One-Shot Case Study Design, dengan dua perlakuan. Disisi lain penelitian kualitatif, menggunakan purposive sampling untuk memilih dua siswa di setiap kategori gaya belajar V-A-K untuk mencakup subjek. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran CORE efektif dalam meningkatkan keterampilan koneksi matematika siswa. (2) Kemampuan siswa dalam menghubungkan gaya belajar visual secara matematis berada pada kategori tertinggi. (3) Kemampuan siswa dalam membuat hubungan matematis dengan gaya belajar auditori berada pada kategori sedang. (4) Konektivitas matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik berada pada kategori paling rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifia, Istianah. 2019. “Kemampuan Creative and Critical Thinking Melalui Model Pembelajaran Treffinger Dengan Strategi Metakognitif Untuk Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Viii Smpn 1 Dau Malang.” JPM : Jurnal Pendidikan Matematika 4 (2): 76. https://doi.org/10.33474/jpm.v4i2.2619.
Amry, U. W., Rahayu, S., & Yahmin. (2017). Analisis Miskonsepsi Asam Basa pada Pembelajaran konvensional dan Dual Situated Learning Model (DSLM). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(3), 385–391. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Anintya, Yolanda Astrid, Emi Pujiastuti, and Mashuri Mashuri. 2017. “Analysis of Mathematical Communication Skills Viewed from Student Learning Styles in Eighth Grader Students in Learning Resource Based Learning Model.” Unnes Journal of Mathematics Education 6 (1): 37–43. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i1.13630.
Anisa Astra, Jingga, Mardiyana, and Triyanto. 2018. “Pendekatan Dan Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Revisi 2017 Yang Mendukung Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa.” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 5 (3): 286–99.
Apipah, Salisatul, and Kartono. 2017. “Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Pada Model Pembelajaran Vak Dengan Self Assessment.” Unnes Journal of Mathematics Education Research 6 (2): 148–56. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer.
Ningsih, Tiya Syahtriya, Abdurahman, Djemari Mardapi, and Suritno Fayanto. 2019. “Study on the Effect of Core (Connecting, Organizing, Reflecting and Extending) Learning Model on Mathematics Learning Outcomes of Cognitive Domain.” Universal Journal of Educational Research 7 (11): 2463–71. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071125.
Sari, E. P., and Karyati. 2020. “CORE (Connecting, Organizing, Reflecting & Extending) Learning Model to Improve the Ability of Mathematical Connections.” Journal of Physics: Conference Series 1581 (1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1581/1/012028.
Wahyuni, Yusri. 2017. “Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta.” Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika 10 (2): 128–32. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037.
Yaniawati, R. Poppy, Rully Indrawan, and Gita Setiawan. 2019. “Core Model on Improving Mathematical Communication and Connection, Analysis of Students’ Mathematical Disposition.” International Journal of Instruction 12 (4): 639–54. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12441a.
Published
2022-07-31
How to Cite
Yulia, S., & Rochmad , R. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2(1), 29-38. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/1242