Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Wisata Hutan Mangrove Tongke-Tongke Kabupaten Sinjai
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, mendeskripsikan unsur-unsur mengenai etnomatematika dan mengeksplorasi konsep matematika yang ada pada Hutan Mangrove Tongke-Tongke, Penelitian ini berlokasi di Desa Tongke-Tongke, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi secara langsung dan kajian pustaka. Observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengidentifikasi etnomatematika pada hutan mangrove. Sedangkan kajian pustaka digunakan untuk mengetahui lebih dalam nilai-nilai budaya yang ada pada hutan mangrove Tongle-Tongke. Berdasarkan hasil pengumpulan data, diperoleh bahwa beberapa susunan kayu yang terdapat di kawasan tersebut ditemukan unsur-unsur matematika yaitu (1) Konsep garis sejajar, tidak sejajar, diagonal dan tegak lurus ; (2) Konsep bangun datar segitiga, persegi, persegi panjang, jajar genjang, trapesium, lingkaran, segi enam; dan (3) Konsep bangun ruang limas segi empat, limas segi enam, prisma segitiga, balok dankubus. Tempat wisata tersebut dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika khususnya tingkat dasar dan menengah. Dengan demikian, pembelajaran matematika akan lebih bermakna dan menyenangkan.
Downloads
References
Diniyati, I. A., Ekadiarsi, A. N., & Akmalia, I. (2022). Etnomatematika : Konsep Matematika pada Kue Lebaran. 11, 247–256.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif & mixed methode.
Huda, N. T. (2018). Etnomatematika Pada Bentuk Jajanan Pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 217. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.870
Nurjannah, N., Nurhaliza, N., Irmawati, E., & Ismunandar, A. A. (2020). Pembelajaran matematika berbasis etnomatika Di Taman Purbakala Batu Pake Gojeng Kabupaten sinjai. Mega: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).
Pathuddin, H., & Raehana, S. (2019). Etnomatematika: Makanan Tradisional Bugis Sebagai Sumber Belajar Matematika. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(2), 307–327. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n2a10
Putri, N. N. P., & Mariana, N. (2022). Etnomatematika pada Candi Sumur Sebagai Konsep Geometri di Sekolah Dasar. Jurnal JPGSD, 10(2), 289–301.
Sabir, M. (2020). Strategi Pengembangan Ekowisata Mangrove Tongke-Tongke Di Kabupaten Sinjai. Jurnal Industri Pariwisata, 3(1), 53–60. https://doi.org/10.36441/pariwisata.v3i1.45
Sani, R., Faizah, N., Andreyanto, F., Romadhoni, V. D., Rouf, A., & Pamungkas, M. D. (2020). Ethnomatematics : Vredeburg Fort Analysis in Terms of Geometry Etnomatematika : Analisis Benteng Vredeburg Ditinjau dari Segi Geometri. 2(1), 64–70.
Simbolon, P. (2020). Etnomatematika pada taman wisata iman sitinjo dan kaitannya dengan pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 141–155.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian.
Ulum, B., Teguh Budiarto, M., & Ekawati, R. (2018). Etnomatematika Pasuruan: Eksplorasi Geometri Untuk Sekolah Dasar Pada Motif Batik Pasedahan Suropati. Jurnal Review Pendidikan Dasar: JUrnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelotian, 4(2). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD
Copyright (c) 2022 Fahmita Sari, Nuraziza Rahmah, A. Rezky Pratiwi, Nurjannah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.