Perbedaan hasil belajar siswa pada penggunaan media penilaian online Quizizz dan Google Form pada materi larutan penyangga
Differences of learning outcomes between student assessed using online Quizizz and Google Form on the subject of buffer solution
DOI:
https://doi.org/10.30872/pmsgk.v3i0.1767Keywords:
google form, online quizizz, larutan penyanggaAbstract
Quizizz dan Google Form adalah aplikasi yang digunakan sebagai media penilaian pembelajaran. Aplikasi ini mudah digunakan, hemat waktu, fleksibel, dan gratis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam penggunaan media penilaian online Quizizz dan Google Form pada materi larutan penyangga. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan desain penelitian Post-test Only Control Group Design. Data dianalisis menggunakan uji t. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam penggunaan media penilaian online Quizizz dan Google Form pada materi larutan penyangga. Hasil belajar siswa yang menggunakan media penilaian online Quizizz lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan Google Form.
Downloads
References
Alwiyah, U., Syamsudduha, S., & Ali, A. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Google Form pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Al-Ahya, 2(3), 129–102
Amalia Rahma Pany, Tanti Jumaisyaroh Siregar, S. S. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Penilian Online Quizizz dan Google Form Pada Materi Persamaan Kuadrat. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2), 224–231
Asria, L., Sari, D. R., Ngaini, S. A., Muyasaroh, U., & Rahmawati, F. (2021). Analisis Antusiasme Siswa Dalam Evaluasi Belajar Menggunakan Platform Quizizz. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–17
Citra, C. A., Rosy, B., & Program. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272
Husein, H. (2016). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilian Kinerja Dosen di Prodi PGMI Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. Al-Bidayah. 8(1), 39-50
Kete, S. (2017). Implementasi Evaluasi Program Model Formatif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada SMP Negeri 4 Kendari Kota Kendari. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10(1), 109–126.
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73.
Noor Sugian. (2020). Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7.
Suciyati, R. M., & Vitoria, L. (2017). Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Siswa Pada Sub Tema Hidup Rukun Dengan Teman Bermain di Kelas II SDN 14 Banda Aceh. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 59–72.
Wulandari, D., Syafi’I, M., & Suwardana, O. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Media Penilaian Berbasis Online Menggunakan Aplikasi Quizizz dan Google Form pada Materi Matriks. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 114-126.