Pengembangan video pembelajaran pewarnaan serat daun Doyo (Curliglia latifolia) menggunakan ekstrak kulit batang Bakau (Rhizophora stylosa)

Development of Doyo leaf fiber coloring learning video (Curliglia latifolia) using Mangrove bark extract (Rhizophora stylosa)

  • Septi Kristina Ellen Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Sukemi Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Sri Lestari Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: penelitian dan pengembangan, model planning, production and evaluation (PPE), pewarna alami

Abstract

Pengetahuan mahasiswa masih kurang tentang tanaman doyo, pembuatan benang dan kain tenun (ulap) doyo, proses pewarnaan serat/benang daun doyo dan pembuatan/ekstraksi pewarna alami yang digunakan dalam pewarnaan serat/benang daun doyo. Tujuan penelitian ini untuk mendesain, memproduksi dan menguji validitas video pembelajaran pewarnaan serat daun doyo (C. latifolia) menggunakan ekstrak kulit batang bakau (R. stylosa). Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) menggunakan model planning, production and evaluation (PPE). Validitas video pembelajaran di ukur diukur menggunakan angket dengan skala Likert. Validitas video diuji oleh 2 ahli materi dan 1 ahli media. Penelitian ini menghasilkan 3 video pembelajaran yang terdiri dari proses pembuatan benang dan kain tenun (ulap doyo), proses pembuatan pewarna alami dan proses pewarnaannya. Validitas dari ketiga video pembelajaran memenuhi kriteria valid, yaitu sangat baik dengan persentase validitas 100%. Hal ini menunjukkan bahwa video pembelajaran siap untuk diuji cobakan kepada peserta didik untuk mengetahui efektivitasnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmani, J. M. (2012). Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Jogyakarta: Diva Press.

Dewi, L. F., Priggenies, D., & Ridlo, A. (2018). Pemanfaatan Mangrove Rhizophora mucronata Sebagai Pewarna Alami Kain Katun. Journal of Marine Research, 79-88.

Guswiani, W. (2018). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Front Office di Kelas XI Akomodasi Perhotelan SMKN 3 Garut. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 688-698.

Nomleni, F. T., & Sarlotha, T. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 219-230.

Paryanto, Kwartiningsih, E., Agung W, W., Pranolo, S., Haningtyas, V., Hidayat, R. (2015). Pengambilan Zat Warna Alami Dari Buah Mangrove Spesies Rhizophora mucronata Untuk Pewarna Batik Ramah Lingkungan. Jurnal Purifikasi, 15(1), 33-40.

Purbasari, M., & Rahardja, A. (2018). Warna Tenun Doyo Sebagai Ekspresi Masyarakatnya (Tanjung Isuy-Kutai Barat). Dimensi, 14(2), 1-18.

Syabana, D. K., Satria, Y., & Widiastuti, R. (2013). Aplikasi Warna Alam Pada Tenunan Serat Doyo Untuk Produk Kerajinan. Dinamika Kerajinan dan Batik, 30(1), 45-52.

Wuryanti, U., & Kartowagiran , B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(2), 232-245.

Yelensi, Y. (2020). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Materi Usaha dan Energi Berbasis Permainan Tradisional. Jurnal Pijar MIPA, 15(1), 1-6.

Published
2022-12-25