Pengaruh model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit

The influence of Society Technology Science learning model on student’s science literacy ability on the subject of electrolyte and non-electrolyte solution

  • Ernawati Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Nurlaili Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Maasje Chaterine Watulingas Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: literasi sains, model pembelajaran sains teknologi masyarakat, hasil belajar, larutan elektrolit dan non-elektrolit

Abstract

Literasi sains merupakan kemampuan ilmiah untuk mengidentifikasi pertanyaan, menjelaskan fenomena ilmiah, menarik kesimpulan dari fakta, serta berkontribusi dan peduli terhadap isu-isu terkait sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi pokok larutan elektrolit dan non-elektrolit. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain  Post-test only control design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Data dianalisis menggunakan uji t.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Kemampuan literasi sains siswa yang  mendapatkan model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) lebih baik daripada yang mendapatkan model pembelajaran langsung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andayani, A. M., Ardana, I. K., & Putra, I. K. A. (2017). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantuan Model Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Journal of Education Technology, 1(2), 94-101.

Anggraini, V. A., Mauliska, N., & Sholehah, M. (2020). Pembelajaran Daring Mahasiswa Tadris Matematika dengan Menerapkan E-Learning di Tengah Pandemi Covid-19. Kulidawa, 1(2), 61–64.

Ayuningtyas, Y., Ismaun, I., Gazali, M., & La Fua, J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa di MTsN 1 Konsel. Kulidawa, 1(1), 1-6.

Meuthia, H., & Ahmad, R. (2021). Analisis Aspek-Aspek Literasi Sains Pada Buku Kurikulum 2013 Tema 1 Kelas IV SD. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika, 9(1), 86–98.

Minasari, M., Hadisaputra, S., & Setiadi, D. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Penemuan Berorientasi Sains Teknologi Masyarakat. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 234-239.

Narut, Y. F., & Supradi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.

Noor, F. M. (2020). Memperkenalkan Literasi Sains Kepada Peserta Didik: Perspektif Calon Guru PIAUD. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 56-67.

Rachmawati, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Smk Negeri 3 Bojonegoro Kelas X Teknik Pemesinan Pada Materi Fluida Statis. Inovasi Pendidikan Fisika, 6(3), 91–99.

Sari, N. A. (2017). LKS Berbasis Inkuiri Untuk Melatihkan Literasi Sains. BioEdu : Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 6(1), 14-20.

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683-2694.

Published
2022-12-25