Perbedaan hasil belajar siswa pada penggunaan media Microsoft Teams dan Whatsapp dengan metode pembelajaran Blended Learning pada pokok bahasan tata nama senyawa kimia

Differences in student learning outcomes in the use of Microsoft Teams and Whatsapp media with Blended Learning methods on the subject of nomenclature of chemical compounds

  • Kasmianti Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Muflihah Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Maasje Chaterine Watulingas Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: blended learning, hasil belajar, tata nama senyawa kimia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada penggunaan media Microsoft Teams dan Whatsapp dengan metode pembelajaran Blended Learning  pada  pokok bahasan tata nama senyawa kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, dengan sampel sebanyak 68 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dengan 10 soal pilihan ganda dan lembar observasi guru dan siswa. Hasil dari tes tersebut dilakukan uji statistik menggunakan uji t berdasarkan perhitungan diperoleh nilai thitung sebesar 3,075 dan ttabel sebesar 1,996 sehingga thitung> ttabel ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan  α = 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada penggunaan media Microsoft Teams dan Whatsapp dengan metode pembelajaran Blended Learning pada pokok bahasan tata nama senyawa kimia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bibi, S., & Jati, H. (2015). Efektivitas Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(1), 74-87.

Chandrasegaran, A.L Treagust, D. F., & Mocerino, M. (2008). An Evaluation Of Teaching Intervention To Promote Student’s Ability To Use Multiple Levels Of Representation When Describing And Explaining Chemical Reactions. Journal Research in Science Education. 32, 237–248.

Jumiatmoko. (2016). Whatsapp Messenger Dalam Tinjauan Manfaat dan Adab. 3(1), 51–66.

Kekang, H. (2016). Hybrid Learning : Theory , Application & Practice Hybrid Learning : Theory , Application and Practice 6th International Conference on Hybrid Learning. Institute of Modern Educational Technology Beijing Normal University, China.

Maisyarah, R. E. P. S. B. (2014). Efektivitas Penerapan Aplikasi Microsoft Office Pembelajaran Akuntansi di Kelas X SMK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 5(9), 1–12.

Muchtaridi. (2016). Kimia SMA Kelas X. Yudhistira.

Nafisah, N. A., & Fitrayati, D. (2021). Efektivitas Penerapan Aplikasi Microsoft Teams terhadap Hasil Pembelajaran Ekonomi Siswa SMA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2761–2770.

Sari, Y. P., Ofianto, O., & Yefterson, R. B. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sejarah Berbasis Chronological Thinking untuk Siswa SMA. Jurnal Halaqah, 1, 79–90.

Situmorang, A. S. (2020). Microsoft Teams for Education Sebagai Media Pembelajaran. Journal of Mathematics Education and Applied, 2(1), 30–35.

Published
2022-12-25