Pengaruh aplikasi pembelajaran Kumospace terhadap hasil belajar kimia pada materi reaksi redoks

The effect of Kumospace learning applications towards the student learning outcomes on the subject of redox reaction

  • Khusnul Khotimah Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Muflihah Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Mukhamad Nurhadi Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: pengaruh kumospace, hasil belajar, reaksi redoks

Abstract

Kumospace adalah aplikasi yang dapat digunakan sebagai pembelajaran jarak jauh yang menawarkan pengalaman komunikasi video dengan tampilan ruangan seperti di dunia nyata dan dunia digital serta dapat menyesuaikan desain ruangan yang ingin ditampilkan pada ruangan menjadi pilihan yang menarik dan juga menghadirkan suasana yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi pembelajaran Kumospace terhadap hasil belajar kimia pada materi reaksi redoks. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, dengan desain penelitian The Matching-Only Post-test Only Control Group Design. Pengambilan sampel dengan teknik Cluster random sampling, sampel dalam penelitian ini adalah 25 peserta didik kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan aplikasi Kumospace sedangkan kelas X MIPA 3 sebagai kelas  kontrol yang diajarkan menggunakan aplikasi Google Meet. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh aplikasi pembelajaran Kumospace terhadap hasil belajar kimia pada materi reaksi redoks.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung Mahardini, M. M. (2020). Analisis Situasi Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Daring Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 215-224.

Anshori, I. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Di Mts Al-Asyhar Bungah Gresik. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(02), 181–199.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arlianti, N. (2018). Hubungan Antara Interaksi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 10 Sungai Penuh. IV(1), 25–39.

Atika, D. (2018). Pengaruh Metode Discovery Learning Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2149 – 2158.

Calcasola, J., Eid, T., Mason, K., Sakyi, K., & Advisors, P. (2021). Connecting Über den Tellerrand Amidst the COVID-19 Pandemic : A Technology Based Approach Authors.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Company

Hebert, A. D. (2022). Student Perspectives on Using Virtual Reality to Create Informal Connection and Engagement. 17, 28–46.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.

Musfiqon, H. M. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Rohman, A., & Rochmawati, N. I. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Zoom dan Google Meet Untuk Pembelajaran Daring di TK Pembina ABA 54 dan KB ‘ Aisyiyah 18 Semarang. Multimatrix, II(2), 1–3.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Alfabeta.

Yudanti, N. A., & Premono, S. (2021). Hubungan antara Minat dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Block System Proses Industri Kimia. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 3(1), 10–17.

Published
2022-12-25