Identifikasi kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam pembelajaran kimia secara daring di SMA Negeri 11 Samarinda selama masa pandemi covid-19

Identify the obstacles faced by students in online chemistry learning at SMA Negeri 11 Samarinda during the covid-19 pandemic

  • Yusliana Nur Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Mukhamad Nurhadi Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Yuli Hartati Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: kendala, pembelajaran kimia daring, pandemi covid-19

Abstract

Pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 memerlukan perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi seperti pembelajaran tatap muka di kelas. Pelaksanaan pembelajaran daring memiliki beberapa kendala yang dihadapi oleh siswa. Melalui penelitian ini akan diidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam pembelajaran kimia secara daring di SMA Negeri 11 Samarinda selama masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Responden dari penelitian adalah siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 11 Samarinda. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kimia daring di SMA Negeri 11 Samarinda  mengalami beberapa kendala yakni cuaca yang tidak mendukung mempengaruhi kualitas sinyal selama pembelajaran kimia daring, terganggu dan terhambatnya pembelajaran kimia daring karena terbebani biaya kuota internet yang mahal, lingkungan belajar di rumah tidak mendukung dan guru terlalu banyak memberikan tugas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Sholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

Aprianty, D. R. (2016). Penerapan Kebijakan e-government Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Sambutan Kota Samarinda. EJournal Ilmu Pemerintahan, 4(4), 1589–1602.

Baharuddin, I. (2020). Pembelajaran Bermakna Berbasis Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Journal of Islamic Education Management, 5(2), 79–88.

Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Sosial Dan Budaya, Fakultas Syariah Dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, 7(3), 217–226.

Engko, C., & Usmany, P. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online. Jurnal Akuntansi, 6(1), 23–38.

Farida, I., Sunarya, R. R., Aisyah, R., & Helsy, I. (2020). Pembelajaran Kimia Sistem Daring di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Generasi Z. KTI UIN Sunan Gunung Djati, 1–11.

Fikri, M., Ananda, M. Z., Faizah, N., Rahmani, R., Elian, S. A., & Suryanda, A. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 145–148.

Kemendagri. (2021). Surat Edaran Tentang Perubahan Kedua Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Kemendikbud; Kemenkes; Kemendagri; Kemenag. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19).

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Mendikbud No.4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan dan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Kemenkes. (2020). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/104/ 2020 Tentang Penetapan Infeksi Novel Corona Virus (Infeksi 2019-ncov).

Kemensekneg. (2020). Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2021 Tentang Penetapan Bencana NonAlam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Sebagai Bencana Nasional.

Nur, M., Pradipta, G. D., & Maliki, O. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Pelajaran PJOK Siswa Kelas IX di MTSN 2 Semarang Selama Pandemi Covid–19. Seminar Nasional Ke Indonesiaan V, 108–125.

Pemprov Kaltim. (2021). Instruksi Gubernur Kalimantan Timur Nomor 14 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro Diperketat untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease- 2019 di Provinsi Kalimantan Timur.

Rohimat, S. (2021). Analisis Keefektifan Pembelajaran Kimia Secara Daring di SMA Negeri 6 Kota Serang Pada Masa Pandemi Covid-19. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 3(2), 90–97.

Siregar, L. F., Pandiangan, N., & Sumanik, N. B. (2021). Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Pokok Bahasan Hidrokarbon. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 412–420.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34.

Wahab, A., Syahid, A., & Junaedi, J. (2021). Penyajian Data Dalam Tabel Distribusi Frekuensi dan Aplikasinya Pada Ilmu Pendidikan. Education and Learning Journal, 2(1), 40.

Yuniati, Y. (2020). Strategi Pembelajaran Daring Ilmu Kimia: Dari Yang Sulit Menjadi Mudah. Jurnal ITATS, 67–89.

Published
2022-12-25