Partisipasi masyarakat dalam pelestarian hutan mangrove di Desa Tanjung Aru, Kecamatan Tanjung Harapan, Kabupaten Paser

  • HELMI Univeritas Mulawarman
Keywords: Partisipasi Peletarian hutan magrove Desa Tanjung Aru

Abstract

Partisipasi masyarakat adalah keterlibatan anggota masyarakat dalam pembangunan, meliputi kegiatan dalam perencanaan dan implementasi program pembangunan yang dikerjakan dalam masyarakat lokal. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan  partisipasi masyarakat dalam pelestarian mangrove di Desa Tanjung Aru. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan sampel dilakukan secara Clutser Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam pelestarian mangrove di DesaTanjung aru berjalan cukup yaitu partisipasi dalam pengambilan keputusan dimana  masyarakat juga sering ikut berpartisipasi dalam pengambilan keputusan tiap kali rapat dalam pembahasan mengenai pelestarian mangrove seperti ikut memberikan saran dan masukannya. Partisipasi dalam pelaksanaan dapat dilihatdari keikutsertaan masyarakat dalam pelaksanaan penanaman hutan mangrove. Partisipasi dalam pengambilan manfaat diman masyarakat mendapatkan banyak dari pelestarian hutan mangrove, dan partisipasi dalam evaluasi masyarakatnya dilibatkan untuk menilai dan mengevaluasi program yang telah dijalankan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mulyadi. E., Hendriyanto. Okik., Fitriani. N. (2009). Konservasi Hutan Mangrove Sebagai Ekowisata. Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan.

Novita, R. (2014). Manajemen Kegiatan EkstrakurikulerDi Madrasah Tsanawiyah NegeriLipatkain Kampar.

Pawestri, E. (2018). Partisipasi Masyarakat Dalam Pelestarian Hutan Mangrove Di Desa Segarajaya Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. https://core.ac.uk/download/pdf/223126456.pdf

Prabhakar, A. (2015). Employee Participation in Management and Study of Its Tools-a Literature Review Study. International Journal of Advanced Research in Impact Factor: 4, 400(1), 23–30. www.garph.co.uk

Riwayati. (2014). Manfaat Dan Fungsi Hutan Mangrove Bagi Kehidupan. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 12(24), 17–23.

Umayah, S., Gunawan, H., Isda, N., Biologi, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2016). Tingkat Kerusakan Ekosistem Mangrove di Desa Teluk Belitung Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti. Jurnal Riau Biologia, 1(4), 24–30.

Published
2022-12-25