Pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi pewarisan sifat
The effect of learning videos on student learning outcomes on heredity material
DOI:
https://doi.org/10.30872/pmsgk.v3i0.1655Keywords:
video pembelajaran, hasil belajar, materi pewarisan sifatAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi pewarisan sifat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy eksperimen dengan one group pretest-posttest designe. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 24 Samarinda. Sample yang digunakan sebanyak 116 siswa yang diperoleh melalui Teknik total sampling. Data yang diperoleh diuji normalitas menggunakan Kolmogrov-Smirnov Test dan diketahui bahwa distribusi data tidak normal sehingga dilanjutkan dengan uji nonparametric menggunakan Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa p-value > α (0,05>0,00) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi pewarisan sifat. Penggunaan video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena dapat meningkatkan pemahaman serta motivasi belajar.
Downloads
References
Ardhianti, F. (2022). Efektifitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk
siswa sekolah dasar. 1(1), 4.
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran
Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal
Pendidikan Guru MI, 3(1). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584
Fairuzabadi, A., Prihandono, T., & Putra, P. D. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran
Inkuiri Terbimbing Dengan Video Berbasis Kontekstual Dalam Pembelajaran IPA Pada
Materi Suhu Dan Pengukurannya Di SMP. 6, 7.
Hardianti, H., & Asri, W. K. (2017). Kefektifan Penggunaan Media Video Dalam
Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA
Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2).
https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4408
Hidayat, D., Wiharna, O., & Yayat, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Garis Dan Konstruksi Geometris. Journal of
Mechanical Engineering Education, 5(2), 163. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15183
Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran
Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi
Guru, 4(3), 346. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223
Panggabean, F., Simanjuntak, M. P., Florenza, M., & Sinaga, L. (2021). Analisis Peran
Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP. 6.
Putri, R. P. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada
Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. 4(1), 17.
Suciningsih, K., Parmiti, D. P., & Suartama, I. K. (2013). Pengembangan Video
Pembelajaran Pada Mata Pelajaram Bahasa Indonesia Kelas III Semester II Tahun
Pelajaran 2012/2013 Di SD Negeri 1 Bondalem Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng.
Yuliani, D., Antara, P. A., & Magta, M. (2017). Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap
Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak. 5(1), 10.
Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil
Belajar IPA Ditinjau Dari Kekatifan Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
dan Humaniora, 3(2). https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614