Pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi pewarisan sifat

The effect of learning videos on student learning outcomes on heredity material

  • Fauzan Azimah Febriani Universitas Mulawarman
  • Dora Dayu Rahma Turista Universitas Mulawarman
  • Fransisscus Trimas SMP Negeri 24 Samarinda
Keywords: video pembelajaran, hasil belajar, materi pewarisan sifat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi pewarisan sifat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy eksperimen dengan one group pretest-posttest designe. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 24 Samarinda. Sample yang digunakan sebanyak 116 siswa yang diperoleh melalui Teknik total sampling. Data yang diperoleh diuji normalitas menggunakan Kolmogrov-Smirnov Test dan diketahui bahwa distribusi data tidak normal sehingga dilanjutkan dengan uji nonparametric menggunakan Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa p-value > α (0,05>0,00) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi pewarisan sifat. Penggunaan video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena dapat meningkatkan pemahaman serta motivasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardhianti, F. (2022). Efektifitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk

siswa sekolah dasar. 1(1), 4.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran

Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal

Pendidikan Guru MI, 3(1). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584

Fairuzabadi, A., Prihandono, T., & Putra, P. D. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran

Inkuiri Terbimbing Dengan Video Berbasis Kontekstual Dalam Pembelajaran IPA Pada

Materi Suhu Dan Pengukurannya Di SMP. 6, 7.

Hardianti, H., & Asri, W. K. (2017). Kefektifan Penggunaan Media Video Dalam

Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA

Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2).

https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4408

Hidayat, D., Wiharna, O., & Yayat, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran

Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Garis Dan Konstruksi Geometris. Journal of

Mechanical Engineering Education, 5(2), 163. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15183

Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran

Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi

Guru, 4(3), 346. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223

Panggabean, F., Simanjuntak, M. P., Florenza, M., & Sinaga, L. (2021). Analisis Peran

Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP. 6.

Putri, R. P. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada

Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. 4(1), 17.

Suciningsih, K., Parmiti, D. P., & Suartama, I. K. (2013). Pengembangan Video

Pembelajaran Pada Mata Pelajaram Bahasa Indonesia Kelas III Semester II Tahun

Pelajaran 2012/2013 Di SD Negeri 1 Bondalem Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng.

Yuliani, D., Antara, P. A., & Magta, M. (2017). Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap

Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak. 5(1), 10.

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil

Belajar IPA Ditinjau Dari Kekatifan Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial

dan Humaniora, 3(2). https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614

Published
2022-12-20