Proses siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematika serupa pisa pada konten quantity

Students' process in solving mathematical literacy PISA-like problems in quantity content

  • Anis Munfarikhatin Universitas Musamus
  • Irmawaty Natsir Universitas Musamus
  • Apia Dorenci Rahajaan Universitas Musamus
Keywords: Mathematics Literacy, PISA, Quantity Content, Literasi Matematika, Konten Kuantitas

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses siswa dalam menyelesaikan soal serupa PISA pada konten quantity. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang melibatkan subjek sebanyak 3 siswa. Pengumpulan data melalui tes, wawancara dan dokumentasi. Indikator komponen proses literasi matematika yaitu: 1) Merumuskan situasi nyata secara matematika, 2) Menggunakan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran matematika, serta 3) Menafsirkan, menerapkan dan mengevaluasi hasil matematika.  Siswa berkemampuan cukup pada tahap formulate sudah mampu menuliskan apa yang diketahui dan apa yang menjadi permasalahan walaupun masih belum lengkap, pada tahap employ belum mampu dalam menentukan strategi tetapi mampu melakukan perhitungan serta menuliskan langkah-langkah penyelesaian walaupun kurang lengkap karena kurang paham dengan soal yang diberikan dan pada tahap interpret siswa mampu menarik sebuah kesimpulan namun dengan menyatakan keraguannya dan masih kurang lengkap. Siswa berkemampuan kurang pada tahap formulate mampu menuliskan apa yang diketahui namun kurang lengkap tetapi dalam menuliskan apa yang menjadi permasalahan masih kurang, pada tahap employ belum mampu dalam menentukan strategi, melakukan perhitungan serta menuliskan langkah-langkah perhitungan karena merasa soal tersebut sangat sulit untuk di pahami dan pada tahap interpret belum mampu menarik sebuah kesimpulan karena hanya menuliskan angka dan tidak disertai dengan alasan yang tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, I., Syamsuri, S., & Novaliyosi, N. (2020). Identifikasi Proses Penyelesaian Soal Literasi Matematika Siswa Kelas IX Pada Konten Peluang dan Data. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 331–345. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.212

Cosgrove, J., & Cartwright, F. (2014). Changes in achievement on PISA: the case of Ireland and implications for international assessment practice. Large-Scale Assessments in Education, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.1186/2196-0739-2-2

Djadir, Awi, & Sulhijrah. (2018). Deskripsi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA pada Konten Change and Relationship. IMED (Issues in Mathematics Education), 2(2), 112–118.

Duyen & Loc. (2022). European Journal of Educational Research. European Journal of Educational Research, 11(1), 1–16. https://www.researchgate.net/profile/Suntonrapot-Damrongpanit/publication/356662582_Effects_of_Mindset_Democratic_Parenting_Teaching_and_School_Environment_on_Global_Citizenship_of_Ninth-grade_Students/links/61a6dda685c5ea51abc0f7b6/Effects-of-Mindset-Dem

Effendi, K. N. S., Zulkardi, Putri, R. I. I., & Yaniawati, P. (2019). Developing mathematics worksheet using futsal context for school literacy movement. Journal on Mathematics Education, 10(2), 203–214. https://doi.org/10.22342/jme.10.2.7307.203-214

Munfarikhatin, A. (2019). Musamus Jurnal of Mathematics Education. 2.

Munfarikhatin, A. (2022). Fenomena Literasi Matematika Siswa Di Indonesia Berdasarkan Hasil Pisa. Pembelajaran Dan Pengembangan Matematika (Pemantik), 2(1).

Munfarikhatin, A., Natsir, I., & Merauke, U. M. (2020). Matematika Siswa Pada Konten Space and. 4(1), 128–138.

Munfarikhatin, A., Natsir, I., & Palobo, M. (2021). Student ’ s Obstacle in Solving PISA Like Task : An Error Analysis. 603(Icss), 431–437.

Munfarikhatin, A., Pagiling, S. L., Mayasari, D., & Natsir, I. (2021). Quizizz and Hard work Character in Geometry Online Lecture : How It Influence ? 5(1), 33–40.

Munfarikhatin, A., Palobo, M., & Mayasari, D. (2020). Respon Siswa Terhadap Pengenalan Matematika Melalui Permainan Kartu. 2, 92–101.

Natsir, I., & Munfarikhatin, A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Multiple Intelligence Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 273. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3384

OECD, P. 2012. (n.d.). Assesment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. OECD Publisher.

Ridzkiyah, N., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Sma Dalam Menyelesaikan Soal Program for International Student Assessment (Pisa). JIPMat, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8237

Rifai, D. U. W. (2017). Mathematical Literacy of State Junior Secondary School Students in Bantul Regency. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1866(2), 152–162. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms

She, H. C., Stacey, K., & Schmidt, W. H. (2018). Science and Mathematics Literacy: PISA for Better School Education. International Journal of Science and Mathematics Education, 16, 1–5. https://doi.org/10.1007/s10763-018-9911-1

Stacey, K., & Turner, R. (n.d.). Assessing Mathematical Literacy.

Utami, N., Sukestiyarno, Y. L., & Hidayah, I. (2020). Kemampuan Literasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas IX A. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 626–633. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37679

Yasukawa, K. (2019). The Role of National Media in Adult Literacy and Numeracy Policy: a Case Study from Australia. Canadian Journal of Science, Mathematics and Technology Education, 19(1), 35–47. https://doi.org/10.1007/s42330-018-0038-8

Yeo, D. J., & Fazio, L. K. (2019). The Optimal Learning Strategy Depends on Learning Goals and Processes : Retrieval Practice Versus Worked Examples The Optimal Learning Strategy Depends on Learning Goals and Processes : Retrieval Practice Versus Worked Examples. July. https://doi.org/10.1037/edu0000268

Yusmin, E., & T, A. Y. (2016). Proses literasi matematis dikaji dari content space and shape dalam materi geometri di sma. 1–11.

Zulkardi, Meryansumayeka, Putri, R. I. I., Alwi, Z., Nusantara, D. S., Ambarita, S. M., Maharani, Y., & Puspitasari, L. (2020). How students work with pisa-like mathematical tasks using covid-19 context. Journal on Mathematics Education, 11(3), 405–416. https://doi.org/10.22342/jme.11.3.12915.405-416

Published
2022-12-20