Analisis hubungan minat belajar dan hasil belajar siswa dalam penelitian tindakan kelas

Analysis of the relationship between learning interest and students’ learning outcomes in classroom action research

  • Asnawati Universitas Mulawarman
  • Jefferson Roosevelt Watulingas Universitas Mulawarman
  • Nanda Arista Rizki Universitas Mulawarman
Keywords: Chi-squared, Classroom action research, Correlation, Limited Face-to-face Learning, Korelasi, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Data hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk variabel minat dan hasil belajar Siswa dapat dianalisis menggunakan penelitian korelasional. Kebanyakan penelitian menyimpulkan bahwa terdapat korelasi antara minat belajar dan hasil belajar Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara minat belajar dan hasil belajar pada semua siklus dalam PTK. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional pada saat SMPN 27 Samarinda menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Penelitian ini mencakup analisis data numerik dan analisis data kategorik. Analisis numerik menggunakan analisis pengujian korelasi Pearson, korelasi Spearman, dan korelasi Kendall's Tau. Sementara analisis kategorik menggunakan uji Chi-squared. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa ada hubungan antara kategori minat belajar dan kategori hasil belajar Siswa pada siklus I karena P value < 0.10 baik pada pengujian korelasi maupun pada pengujian menggunakan uji Chi-squared. Namun variabel minat belajar dan hasil belajar Siswa dikatakan saling bebas pada siklus II dan siklus III karena P value > 0.10 baik pada pengujian korelasi maupun pada pengujian menggunakan uji Chi-squared. Oleh karena itu, ada hubungan positif antara minat belajar dan hasil belajar Siswa hanya pada siklus I dan tidak terjadi hubungan pada siklus II dan siklus III.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitriyani, R. (2019). Hubungan Minat Belajar Dan Intensitas Belajar Dengan Prestasi

Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Karanganom. Absis: Mathematics

Education Journal, 1(1), 19–23. https://doi.org/10.32585/absis.v1i1.309

Indratno, I., & Irwinsyah, R. (1998). Aplikasi Analisis Tabulasi Silang (Crosstab) Dalam

Perencanaan Wilayah dan Kota. Jurnal PWK, 9(2), 48–59.

Kurnaesih, D., Sulistianingsih, S., & Nurimani, N. (2021). Hubungan Minat Belajar dengan

Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara

III, 2021, 120–125.

Mustafa, S., Mustikaningsih, H., & Imayanti, R. (2021). Pembelajaran Tatap Muka (PTM)

Pada Masa Ppandemi Covid-19 di SMA. Direktorat Sekolah Menengah Atas, Direktorat

PA

GE

*

ME

RG

EF

OR

MA

T 3

PMSGK (2022); 1 (1): 1-7 Asnawati, dkk., 2022

DOI: xxxxx/pmsgk.v1i115

*Penulis koresponden: HYPERLINK

"mailto:xxxxxx@gmail.com" xxxxxx@gmail.com

HYPERLINK "http://www.semdik.fkip.unmul.ac.id/msgk"

www.semdik.fkip.unmul.ac.id/msgk

Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah,

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

https://repositori.kemdikbud.go.id/22786/

Nasir, A. M., Hidayat, S., & Syamsuriyawati, S. (2022). Hubungan Antara Minat Belajar

Dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 4 Bantimurung. ELIPS: Jurnal Pendidikan

Matematika, 3(1), 69–78. https://doi.org/10.47650/elips.v3i1.403

Prastika, Y. D. (2021). Hubungan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran

Matematika Di SMK Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1),

–32. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.772

Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika.

Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 289–293.

https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4377

Tanujaya, B., Mumu, J., & Margono, G. (2017). The Relationship between Higher Order

Thinking Skills and Academic Performance of Student in Mathematics Instruction.

International Education Studies, 10(11), 78–85. https://doi.org/10.5539/ies.v10n11p78

Published
2022-12-20