Analisis hubungan minat belajar dan hasil belajar siswa dalam penelitian tindakan kelas
Analysis of the relationship between learning interest and students’ learning outcomes in classroom action research
DOI:
https://doi.org/10.30872/pmsgk.v3i0.1471Keywords:
Chi-squared, Classroom action research, Correlation, Limited Face-to-face Learning, Korelasi, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Data hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk variabel minat dan hasil belajar Siswa dapat dianalisis menggunakan penelitian korelasional. Kebanyakan penelitian menyimpulkan bahwa terdapat korelasi antara minat belajar dan hasil belajar Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara minat belajar dan hasil belajar pada semua siklus dalam PTK. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional pada saat SMPN 27 Samarinda menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Penelitian ini mencakup analisis data numerik dan analisis data kategorik. Analisis numerik menggunakan analisis pengujian korelasi Pearson, korelasi Spearman, dan korelasi Kendall's Tau. Sementara analisis kategorik menggunakan uji Chi-squared. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa ada hubungan antara kategori minat belajar dan kategori hasil belajar Siswa pada siklus I karena P value < 0.10 baik pada pengujian korelasi maupun pada pengujian menggunakan uji Chi-squared. Namun variabel minat belajar dan hasil belajar Siswa dikatakan saling bebas pada siklus II dan siklus III karena P value > 0.10 baik pada pengujian korelasi maupun pada pengujian menggunakan uji Chi-squared. Oleh karena itu, ada hubungan positif antara minat belajar dan hasil belajar Siswa hanya pada siklus I dan tidak terjadi hubungan pada siklus II dan siklus III.
Downloads
References
Fitriyani, R. (2019). Hubungan Minat Belajar Dan Intensitas Belajar Dengan Prestasi
Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Karanganom. Absis: Mathematics
Education Journal, 1(1), 19–23. https://doi.org/10.32585/absis.v1i1.309
Indratno, I., & Irwinsyah, R. (1998). Aplikasi Analisis Tabulasi Silang (Crosstab) Dalam
Perencanaan Wilayah dan Kota. Jurnal PWK, 9(2), 48–59.
Kurnaesih, D., Sulistianingsih, S., & Nurimani, N. (2021). Hubungan Minat Belajar dengan
Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara
III, 2021, 120–125.
Mustafa, S., Mustikaningsih, H., & Imayanti, R. (2021). Pembelajaran Tatap Muka (PTM)
Pada Masa Ppandemi Covid-19 di SMA. Direktorat Sekolah Menengah Atas, Direktorat
PA
GE
*
ME
RG
EF
OR
MA
T 3
PMSGK (2022); 1 (1): 1-7 Asnawati, dkk., 2022
DOI: xxxxx/pmsgk.v1i115
*Penulis koresponden: HYPERLINK
"mailto:xxxxxx@gmail.com" xxxxxx@gmail.com
HYPERLINK "http://www.semdik.fkip.unmul.ac.id/msgk"
www.semdik.fkip.unmul.ac.id/msgk
Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah,
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
https://repositori.kemdikbud.go.id/22786/
Nasir, A. M., Hidayat, S., & Syamsuriyawati, S. (2022). Hubungan Antara Minat Belajar
Dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 4 Bantimurung. ELIPS: Jurnal Pendidikan
Matematika, 3(1), 69–78. https://doi.org/10.47650/elips.v3i1.403
Prastika, Y. D. (2021). Hubungan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran
Matematika Di SMK Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1),
–32. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.772
Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika.
Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 289–293.
https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4377
Tanujaya, B., Mumu, J., & Margono, G. (2017). The Relationship between Higher Order
Thinking Skills and Academic Performance of Student in Mathematics Instruction.
International Education Studies, 10(11), 78–85. https://doi.org/10.5539/ies.v10n11p78