Konfirmasi analitik luas daerah elips dengan surveyor’s formula
Analytic confirmation of ellipse surface area using Surveyor’s Formula
DOI:
https://doi.org/10.30872/pmsgk.v3i0.1469Keywords:
Analytical confirmation, Area, Ellipse, Surveyor’s formula, Konfirmasi analitik, Luas daerah, ElipsAbstract
Artikel ini mendemonstrasikan alternatif pembuktian secara analitik (konfirmasi analitik) luas daerah elips dengan surveyor’s formula. Langkah awal dalam melakukan penelitian ini ialah menyusun bibliografi kerja sebagai sumber data kepustakaan. Data kepustakaan berupa informasi mengenai definisi surveyor’s formula, derivasi surveyor’s formula, dan alternatif pembuktian rumus luas daerah lingkaran secara analitik dengan surveyor’s formula yang dikumpulkan dalam bentuk dokumentasi berupa rangkuman pustaka. Kemudian, data tersebut dipelajari untuk menyusun hasil penelitian. Hasil penelitian berupa kalimat matematika yang tertib dan logis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rumus luas daerah elips dapat dikonfirmasi dengan surveyor’s formula.
Downloads
References
Anton, H. & Rorres, C. (2014). Elementary Linear Algebra: Applicatoins Versions. USA:
Wiley
Bolt, B. (1983). The Parametric Equations of an Ellipse. Teaching Mathematics and Its
Applications: An International Journal of the IMA, 2(2), 53–54.
https://doi.org/10.1093/teamat/2.2.53
Braden, B. (1986). The Surveyor’s Area Formula. The College Mathematics Journal,
(4), 326–337. http://www.jstor.org/stable/2686282
Dawson, J. W. (2006). Why Do Mathematicians Re-prove Theorems? Philosophia
Mathematica (III), 14(3), 269–286. https://doi.org/10.1093/philmat/nkl009
. (2010). Why Prove it Again?: Alternative Proofs in Mathematical Practice. New
York: Birkhäuser. https://doi.org/10.1007/978-3-319-17368-9
Hernadi, J. (2008). Metoda Pembuktian dalam Matematika. Jurnal Pendidikan
Matematika, 2(1), 1–13.
Knuth, E., Zaslavsky, O., & Ellis, A. (2017). The Role and Use of Examples in Learning to
Prove. Journal of Mathematical Behavior, 1–7.
https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2017.06.002
Lee, Y., & Lim, W. (2017). Shoelace Formula: Connecting the Area of a Polygon and the
Vector Cross Product. The Mathematics Teacher, 110(8), 631–636.
http://www.jstor.org/stable/10.5951/mathteacher.110.8.0631
Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian
Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA,
(1), 41–53.
Varberg D., dkk. (2007). Kalkulus Edisi Kesembilan, Jilid I. (I. N. Susila, terjemahan).
Jakarta: Erlangga