Pengujian butir soal geometri dalam penskalaan PCM tingkat SMP di Samarinda

Testing geometry problem items with PCM scales for secondary school students in Samarinda

  • Sugeng Universitas Mulawarman
  • Kukuh Universitas Mulawarman
  • Jumrianah Universitas Mulawarman
Keywords: Soal Geometri, Penskalaan PCM, Pengujian, Partial Credit Model

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap karakteristik butir soal Geometri dalam penskalaan Partial Credit Model (PCM) pada jenjang SMPN di Samarinda tahun 2022. Penelitian ini melibatkan siswa SMPN 2 Samarinda dan SMPN 8 Samarinda (N=122) sebagai sampel. Pengujian terhadap 40 butir soal Geometri menggunakan aplikasi Quest. Penyusunan soal Geometri (dalam penskalaan PCM) melalui tahapan mualai dari menyusun spesifikasi tes, menulis soal tes, dan menelaah soal tes. Hasil pengujian menunjukkan bahwa keseluruhan butir soal adalah fit dan valid; koefisien reliabilitasnya ditunjukkan dengan Internal Consistency 70; seluruh person juga fit terhadap model, namun terdapat 19 person yang harus dipertimbangkan. Penggunaan Instrumen ini pada pengukuran akan menjadi lebih akurat, apabila dalam penelitian lebih lanjut yang relevan mempertimbangkan cakupan personnya lebih luas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adams, R. J., & Khoo, S.–T. (1996). QUEST: The interactive test analysis system. Camberwell, VA: ACER Press.

Allen, M. J & Yen, W. M. (1979). Introduction to measurement theory. Monterey, CA: Brooks/Cole Publishing Company.

Baker, J. G., Rounds, J. B., & Zevon, M. A. (2000). A comparison of graded response and Rasch partial credit model with subjective well-being. Journal of Educational and Behavioral Statistics, 25(3), 253–270.

Bambang Subali, Kumaidi, & Nonoh Siti Aminah. (2018). Pengembangan model asesmen konfirmatori penguasaan metode ilmiah pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar. ISBN: 978-602-498-019-1. Yogyakarrta: UNY Press.

Didik Setyowarno (September 2017). Materi kegiatan pelatihan Guru IPA SMP Sleman Yogyakarta oleh Universitas Negeri Yogyakarta dengan tema “Workshop Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Komputer CMI-SIPSMA Sistem Informasi Penilaian Sekolah“ bagi guru IPA Tingkat SMP di Sleman Yogyakarta “ di Laboratorium Komputer IPA, pada tanggal 9 September 2017.

Djemari Mardapi. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Djemari Mardapi. (2012). Pengukuran, penilaian dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Litera.

Eccles, F. M. An introduction to transformation geometry (Pengantar Geometri transformasi, alih bahasa Sudrajat, 2003). Bandung: Pustaka Setia.

Embretson, S. E. & Reise, S. P. (2000). Item response theory for psychologist. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

Fitzpatrick, A. R., Link, V. B., Yen, W. M., et al. (1996). Scaling performance assessment: A comparison of one-parameter and two-parameter partial credit models. Journal of Educational Measurement, 33(3), 291–314.

Hambleton, R. K., Swaminathan, H., & Rogers, H. J. (1991). Fundamentals of item response theory. Newbury Park, CA: Sage Publications.

Keeves, J. P., & Alagumulai, S. (1999). New approaches to measurement. Dalam G. N. Masters & J. P. Keeves (Eds.), Advances in Measurement in Educational Research and Assessment (pp. 23–42 ). Amsterdam: Pergamon.

Kusaeri & Suprananto. (2012). Pengukuran dan penilaian pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Masters, G. N. (1982). A Rasch model for partial credit scoring. Psychometrica, 47(2), 149–174.

Reynold, C. R., Livingstone, R. B., & Willson, V. (2009). Measurement and assessment in education. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Saifuddin Azwar. (1999). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saifuddin Azwar. ( 2012). Reliabilitas dan validitas, (Edisi 4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumadi Suryabrata. (2000). Pengembangan alat ukur psikologis. Yogyakarta: Andi.

Sykes, R. C., & Yen, W. M. (2000). The scaling of mixed-item-format test with the one-parameter and two-parameter partial credit models. Journal of Educational Measurement, 37(3), 221–244.

Published
2022-12-20